MAZE Coding Jadi Wadah Untuk Anak Belajar Coding Sambil Outbond

0
264
Maze Coding

Apa yang terpikir dalam benak anda jika mendengar kata coding? Sebagian besar akan menghubungkannya dengan program, dan mengartikannya sebagai sesuatu yang sulit dan rumit, bukan? Tapi tak dipungkiri, di era digital ini kita akan dipertemukan dengan hal-hal yang berkaitan dengan coding.

Nah, bagaimana jika belajar coding bisa dibuat dengan cara menyenangkan. Bahkan, anak-anak bisa terlibat di dalamnya. Menarik bukan?

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Bikin Heboh Usai Gandeng Wanita Spesial

Dalam acara bertajuk MAZE Coding & ICT yang diadakan pada Minggu, 14 Juli nanti, anak-anak dengan rentang usia 7-17 tahun bisa belajar coding sambil bermain. Mengambil lokasi di Graha Natura Surabaya, yang mana mengusung tema eco park, pembelajaran akan dibuat semi outbond.

Maze Coding
Foto: Istimewa

Tiap tim yang terdiri dari lima sampai enam anak, akan berkolaborasi dan bekerjasama untuk menyelesaikan misi di setiap pos.

Misi pertama, untuk mendapatkan peta, tim harus memecahkan kode yang ada dalam sebuah program. Tentu, anak-anak akan dipandu terlebih dahulu sebelum menjalankan misi-misinya.

Maze Coding
Foto: Istimewa

Dalam pos pertama, dua anak akan diajarkan untuk memecahkan kode tersebut. Sementara untuk anggota tim yang lain, tak perlu khawatir. Mereka secara bergantian akan dilibatkan untuk menyelesaikan setiap misi. Di sini lah anak-anak akan belajar tentang teamwork.

Baca juga: Mengintip Deretan Gaya Busana Modern Ala Desainer Muda Indonesia

Setelah menyelesaikan kode tersebut, anak-anak akan dibawa berpetualang. Di mana mereka harus berjalan sesuai dengan coding yang telah dikerjakan sebelumnya.

Setiap pos membawa misi pembelajaran masing-masing. Seperti pada pos kedua ini, anak-anak dikenalkan dengan basic 3 dimensi (3D), dan teknologi Virtual Reality (VR). Lewat VR, mereka akan menjalankan simulasi sebagai seorang pilot dan dokter.

Tidak berhenti di situ, ada pula game yang bertajuk Move Your Body. Sehingga kids jaman now yang biasanya duduk manis dengan gadget, akan bermain di alam terbuka bersama teman-temannya.

Baca juga: Agnez Mo Kembali Gandeng Musisi Beken Amerika

Anak-anak juga bisa memainkan games karya murid-murid Project Development Center. Dengan begitu, diharapkan anak-anak dapat terpacu untuk mempelajarinya. Sebagaimana slogan yang diusung lembaga komputer yang terakreditasi di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Surabaya ini, gamer become a smart gamer.

“Harapan kami, mereka (anak-anak) mendapat pemahaman apa itu coding. Kedua, mereka bisa menerapkannya,” kata Tri Wijantisari Ir., S.Pd., M.Kes., selaku CEO LKP Project Development Center.

Maze Coding
Foto: Istimewa

Lalu bagaimana dengan para orangtua dan adik yang mengantar? Tak perlu khawatir, mereka bisa memantau kegiatan putra-putri dari kejauhan. Atau bisa juga berkeliling di area Graha Natura yang rindang itu, sembari menikmati snack dan meneguk teh atau kopi yang telah disediakan.

Baca juga: Mikha Tambayong Curhat Beratnya Jadi Mahasiswi Baru

Lunch juga tak hanya disediakan untuk para peserta saja, tapi untuk orangtua dan adik kandung yang turut serta. Jadi, tunggu apa lagi. Segera daftarkan putra-putri anda di www.tinyurl.com/MAZECodingRegistration

MAZE Coding

Khusus untuk pembaca Tabloid Nyata, hanya membayar Rp 100.000 saja. Syaratnya, kirim foto anda dengan memegang Tabloid Nyata edisi terbaru, yang terbit tanggal 12 Juli 2019 mendatang. Kemudian, kirim foto tersebut saat melakukan reservasi. (*)