Raffi Ahmad Mulai Jalani Endoskopi untuk Sembuhkan Pita Suaranya

0
64
Suara Raffi Ahmad
Foto; Dok. Instagram Raffi Ahmad

Kesehatan Raffi Ahmad belakangan menjadi perhatian serius. Usai memberikan pernyataan soal gangguan di pita suaranya, kini Raffi akhirnya menjalani pemeriksaan yang lebih serius.

Sebelumnya, Raffi memang belum melakukan pemeriksaan lebih lanjut, karena padatnya jadwal syuting. Hingga akhirnya, Raffi ditemani oleh Gigi dan Rafathar saat menemui dokter THT.

Baca juga: Over Job, Raffi Ahmad Bakal Kehilangan Pita Suara?

Di sana, aktor berdarah Sunda itu menjalani proses endoskopi, untuk mengetahui kondisi di dalam tenggorokannya.

Endoskopi sendiri merupakan prosedur dalam medis, yang menggunakan alat endoskop berbentuk selang elastis, dengan lampu dan kamera optik pada ujungnya.

Dalam video yang diunggah di kanal YouTube Rans Entertainment itu, mulanya Raffi tampak begitu tegang. Akan tetapi, ia harus pasrah saat alat endoskop dimasukkan lewat hidungnya.

Baca juga: Romantisnya Boy William Pamer Cincin Tunangan

Dari layar, terlihat jelas kondisi di dalam tenggorokan Raffi. Ada beberapa bagian tampak berwarna merah dan bengkak.

Menurut dokter, benjolan itu lah yang membuat suara Raffi serak. Karena letaknya persis di daerah pita suara Raffi Ahmad.

“Itu kan benjolan kemungkinan polip. Kalau mau memastikan, kita biopsi. Jadi kita ambil jaringan yang di benjolan itu,” kata dokter tersebut.

Baca juga: Kocaknya Pangeran Louis Ketika Menggoda Archie di Piknik Keluarga

Raffi yang masih enggan menjalani tindakan operasi pun, mendapat beberapa saran dari dokter. Diantaranya rutin menjalani pengobatan dan pemeriksaan, mengontrol pola makan, dan yang terpenting irit bicara, agar kondisi pita suara tidak semakin memburuk. (*)