Mengintip Deretan Gaya Busana Modern Ala Desainer Muda Indonesia

0
50
gaya-baju-modern-1
Foto: Istimewa

Sebagai bentuk apreasiasi hasil kreativitas lulusan ESMOD Jakarta 2019, program 3 Years Fashion Design, digelar fashion show bertajuk Fashion Art Vibes. Ada 150 gaya ditampilkan yang merupakan karya dari 45 mahasiswa lulusan ESMOD tahun ini.

“Masing-masing mahasiswa diberi kesempatan untuk menampilan 4 karya mereka. Mereka bebas menentukan look apa yang ditampilkan, bisa ready to wear, kids, men’s wear, culture, hingga ethnic,” kata Recardo Leatemia, Operational Director ESMOD Jakarta, di Kuningan City Hall, beberapa waktu lalu.

baju-modern-esmod-jakarta
(Dari kanan) Recardo Leatemia, Chike Herningtias (Event Manager Esmod Jakarta ), MC, Patrice Desilles (Academic Program Head Esmod Jakarta). Foto: Istimewa

Baca juga: 11 Seleb Mancanegara Tampil Kalem dalam Balutan Hijab

Menurut Recardo, mahasiswa diberi kesempatan untuk mempersiapkan fashion show, sejak Oktober 2018 lalu. Mereka juga harus lebih dulu mempresentasikan tema rancangan, material yang digunakan serta inovasi yang mereka terapkan di rancangan-rancangan mereka.

“Secara keseluruhan meski mereka waktu itu masih bergelar mahasiswa, sudah memiliki konsep dan karya yang matang. Dan hasil itu bisa dilihat di gelaran fashion show kali ini,” sambungnya.

baju-modern-1
Foto: Istimewa

Baca juga: Tetap Sederhana, Anak Kate Middleton 5 Kali Terciduk Pakai Outfit Bekas

Meski memberikan kebebasan untuk berkreasi, namun mahasiswa harus memperhatikan trend mode yang sedang berlangsung saat ini. Baik dalam skala nasional khususnya di Jakarta, maupun internasional.

gaya-baju-modern
Foto: Istimewa

“Tren fashion sebenarnya tidak terlalu banyak bergeser dari tahun sebelumnya. Rancangan over size masih tetap dimimati, gaya street fashion yang memadukan unsur sport wear juga masih menjadi tren meski sudah berlangsung sejak tiga tahun lalu. Gaya ini diprediksi juga masih akan diminati tahun depan,” sambung Recardo.

baju-modern-3
Foto: Istimewa

Baca juga: 6 Gaya Keren Makeup Naomi Scott Saat Tak Jadi Putri Jasmine

Sedangkan unsur ethnic, desiner muda sekarang lebih berani menggabungkan dengan sesuatu yang modern. Misalnya motif batik atau tenun diaplikasi di atas material jeans hingga leather.

baju-modern-2
Foto: Istimewa

“Jadi meskipun mengadaptasi unsur ethnic seperti tenun atau batik hingga teknik tie dye, bisa dikemas dengan modern. Itu juga yang kita tekankan di ESMOD, agar desainer muda tidak meninggalkan apa yang menjadi ciri atau budaya Indonesia,” ujar Recardo. (*)