Berawal Dari Workshop Tabloid Nyata, Kini Usahanya Beromzet Ratusan Juta

0
114
Foto: Hafidz/Nyata

Memutuskan untuk memulai suatu usaha, bukanlah perkara mudah. Namun hal itu bisa saja terlaksana, jika memiliki niat dan komitmen yang kuat.

Apalagi, jika seseorang mempunyai hobi atau tertarik pada suatu hal, maka itu dapat dijadikan modal untuk memulai berwirausaha. Seperti yang dilakukan oleh Riski Hapsari.

Kikie, sapaan akrab Riski, merupakan salah satu contoh wanita yang sukses dengan usaha aksesorisnya, yang diberi nama Koleksi Kikie.

Foto: Hafidz/Nyata

Baca juga: Kulari ke Pantai: Pentingnya Nilai Kejujuran dalam Keluarga

Koleksi Kikie menawarkan aksesoris-aksesoris hand made, seperti kalung, gelang, cincin, anting-anting, bros, dan sebagainya. Ditemui usai acara talkshow di salah satu hotel di Surabaya, Kamis (6/7) kemarin, Ibu tiga anak ini menceritakan bagaimana perjalanan usahanya hingga berada pada titik ini.

Dimulai sejak SMP, Kikie sudah mempunyai hobi membuat kerajinan tangan, seperti kalung dan anting-anting kecil. Kemudian di tahun 2006, Kikie mengikuti workshop membuat aksesoris dari bahan manik-manik, yang diadakan oleh Tabloid Nyata.

Meski saat itu sedang mengandung anak pertamanya, Kikie tetap antusias mengikuti workshop rutin yang diadakan oleh Nyata.

Baca juga: Unik dan Romantis, Nadine dan Dimas Anggara Resmi Menikah di Lombok

Siapa sangka, workshop dari Nyata dapat menggugah semangat wanita 37 tahun ini untuk memulai usahanya. Setelah melahirkan anak pertamanya, Kikie yang sebelumnya bekerja sebagai pegawai Bank, rela meninggalkan karirnya dan memutuskan untuk berwirausaha.

Dari yang semula hobi, ikut workshop, belajar bersama, sampai akhirnya dapat membuat usaha sendiri. Bahkan saat ini, Kikie tak hanya sebagai penjual produk jadi saja, tapi juga menyediakan bahan baku beserta tutorial pembuatannya.

Foto: Dok. Instagram Koleksi Kikie

Baca juga: Viral! Sosok Batman Muncul di Tengah Pengungsian Syria

“Mulai jual aksesoris secara online tahun 2007. Tahun ketiga, kita sudah menyediakan paket untuk belajar membuat aksesoris. Contoh, saat itu ada yang dari Sulawesi tidak bisa menemukan bahannya, jadi kita kirim bahan plus tutorial membuatnya,” ujar Kikie.

Kikie mengaku tidak keberatan untuk membeberkan tutorial pembuatan produknya. Justru dengan adanya tutorial ini, orang-orang menjadi lebih tahu kerumitan pembuatannya, kemudian mengapresiasinya dengan cara membelinya.

11 tahun menggeluti usaha aksesoris, kini produk dari Koleksi Kikie telah tersebar di retail-retail seluruh wilayah di Indonesia. Omzet penjualannya pun telah mencapai puluhan hingga ratusan juta per bulannya. Kikie juga kerap diundang sebagai pembicara, untuk memotivasi masyarakat khususnya wanita, agar berwirausaha di rumah. Kikie percaya bahwa jika ia membantu orang untuk berkembang, maka otomatis dirinya juga akan berkembang.

Baca juga: Usai Mendapat Perawatan Intensif, G-Dragon Kembali ke Markas

Foto: Hafidz/Nyata

“Jika seseorang bingung memulai usaha apa, coba cari hal yang bermanfaat untuk orang lain. Ketika produk kita dapat menyelesaikan permasalahan orang, maka dipastikan akan laku. Contoh produk aksesoris, menyelesaikan masalah bagi mereka yang ingin tampil cantik atau bisa juga bagi yang bingung cari kado,” pungkas Kikie.