Yuk, Pahami Arti Angka Pada Produk dan Wadah Plastikmu!

0
152
Foto: Net

Hidup di era sekarang, pasti sudah tidak asing lagi dengan plastik. Namun, ternyata produk-produk berbahan plastik yang kamu gunakan sehari-hari, tak semuanya aman untuk digunakan terus menerus, lho!

Jika kamu perhatikan, di setiap produk/wadah plastik, pasti tertera simbol segitiga daur ulang dengan angka di tengahnya. Nah, ternyata angka yang ada pada plastik tersebut memiliki arti penting untuk diperhatian.

Mau tahu? Yuk, simak informasinya berikut ini.

Baca juga:

Angka 1 – PET/PETE

Foto: mainam.com

Polyethylene Terephthalate atau disingkat PET/PETE, biasanya tidak berwarna (bening) dan bisa kita temukan di kemasan air minum, serta berbagai kebutuhan rumah tangga. Plastik jenis ini cukup aman digunakan, namun jangan sampai terkena panas, ya! Karena plastik jenis ini akan mengeluarkan karsinogen, yang bisa mencemari isi botol plastikmu. Dan usahakan jangan digunakan berkali-kali, karena bisa memicu pertumbuhan bakteri.

Angka 2 – HDPE

FotoL simpe.com

Kebanyakan plastik jenis High-density polyethylene atau HDPE, biasa kita temukan di wadah susu, deterjen, botol jus, atau peralatan mandi (shampo, sabun, dll). Umumnya plastik ini memiliki warna yang buram atau solid. Selain itu, plastik HDPE ini juga aman untuk kita gunakan. Bahan ini dan PET sering dimanfaatkan untuk daur ulang.

Angka 3 – PVC

Foto: indiamart.com

Polyvinyl chloride atau PVC digunakan untuk membungkus makanan, botol minyak goreng, tirai kamar mandi, serta pipa saluran air. Plastik PVC memang kuat, namun jenis ini bukanlah jenis plastik yang aman untuk memasak ataupun dipanaskan. Karena mengandung zat kimia bernama phthalates, yang bisa mengganggu perkembangan hormon kita. Plastik jenis ini jarang diterima untuk didaur ulang.

Angka 4 – LDPE

Foto: surfaceid.com

Kresek, beberapa bungkus makanan, botol yang bisa diremukkan, dan plastik pembungkus roti merupakan plastik berjenis Low Density Polyethylene, termasuk aman untuk digunakan. Selain itu, plastik ini biasanya berbahan elastis dan berdaya tahan lama, sehingga sering digunakan berkali-kali. Namun, sebaiknya kita mengurangi penggunaan jenis plastik ini, atau bisa juga mendaur ulang setelah memakai.

Angka 5 – PP

Foto: bersosial.com

Plastik jenis PP (polypropylene) ini sangat bagus digunakan sebagai wadah makanan atau minuman. Karena plastik PP ini kuat, dan aman untuk digunakan di microwave. Adapun produknya adalah tempat makan dan minum, botol saus atau sirup, dan kotak yoghurt.

Angka 6 – Polystyrene/Styrofoam

Foto: utm.my

Jenis plastik yang satu ini tergolong plastik sekali pakai, dan kerap dijumpai untuk membungkus makanan. Plastik jenis ini berpotensial mengeluarkan zat kimia, terutama jika terkena panas. Sangat dianjurkan untuk menjauhi penggunaan plastik dengan angka 6 ini. Tak semua tempat daur ulang mau menerima plastik jenis ini. Selain itu, menguraikan styrofoam membutuhkan waktu lama hingga ratusan tahun, lho!

Angka 7 – Lain-Lain (other)

Foto: iwma.com

Biasanya pada angka ini, akan muncul pula kata ‘other’ di logo daur ulangnya. Plastik jenis ini seperti polycarbonate atau disingkat PC, yang biasa kita jumpai sebagai botol minum bayi, botol minum olahraga, galon, dan CD (compact disc). Adapula wadah makan dan minum yang menggunakan plastik jenis ini. Namun, sebaiknya hindari produk tersebut, karena bisa menghasilkan racun BPA (Bisphenol-A) yang berbahaya bagi tubuh. Jika memang terpaksa, pastikan jangan menggunakannya berulang kali, ya.