Cetak Sejarah, Harashta Haifa Zahra Pemenang Miss Supranational 2024

Puteri Indonesia 2024 Harashta Haifa Zahra berhasil meraih gelar juara Miss Supranational 2024. Foto : Instagram/misssupranational
Puteri Indonesia 2024 Harashta Haifa Zahra berhasil meraih gelar juara Miss Supranational 2024. Foto : Instagram/misssupranational

Harashta Haifa Zahra sukses menjadi pemenang Miss Supranational 2024. Ia berhasil mencetak sejarah sebagai Puteri Indonesia pertama yang memenangkan gelar tersebut.

Harashta Haifa Zahra sukses mengalahkan Miss Amerika Serikat Jenna Dykstra, sebelum akhirnya keluar menjadi pemenang.

Tangis Harashta pecah, saat namanya dipanggil sebagai pemenang dalam ajang kontes kecantikan tersebut, menggantikan tugas Andrea Victoria Aguilera Paredes, pemenang Miss Supranational tahun 2023.

“Ini tetap terasa tidak nyata dan aku tak sabar memenuhi tugasku sebagai Miss Supranational 2024 2024 yang baru. Tahun ini akan menjadi sangat spesial dan hatiku dipenuhi oleh kebanggaan,” ucapnya, dikutip dari akun Instagram resmi Miss Supranational, Minggu (7/7/2024).

| Baca Juga: Kontestan Tertua, Nenek 71 Tahun Ikut Ajang Miss Texas USA

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah mendukungnya, khususnya masyarakat Indonesia. 

“Terima kasih untuk negaraku untuk dukungan kalian. Indonesia kita berhasil! Aku cinta kalian!,” ujarnya.

Ketika malam final, Harashta terlihat mengenakan gaun malam rancangan desainer Jessie Gunawan. Gaun itu dinamai Lintang Segara yang mencerminkan bintang-bintang yang menyinari agar ia disorot sepanjang perjalanan.

Berdasarkan keterangan akun Instagram @officialputeriindonesia, gaun itu terbuat dari kristal perak yang dikombinasikan dengan warna gradasi kebiruan. Warna tersebut menjadi cerminan laut yang bisa tenang, cantik, dan damai, tetapi satu waktu bisa sangat kuat.

| Baca Juga: Resep Ssal Gangjeong Ala Miss Indonesia 2020 Pricilia Carla Yules

“Puteri Indonesia 2024 kita adalah bintang bangsa kita yang benar-benar bersinar di kancah Internasional. Keberanian, kegigihan dan dedikasinya telah banyak menyumbang prestasi baik bagi Indonesia,” tulis akun tersebut.

Yayasan Puteri Indonesia yang menaunginya mengucapkan selamat. “Kami merayakan pencapaian luar biasamu dan berharap dapat melihat semua hal menakjubkan yang akan kamu capai, @harashtata,” tulis akun tersebut.

Diketahui, Harashta Haifa Zahra lahir di Garut, 5 September 2003. Saat ini, ia masih berkuliah di jurusan Teknik Lingkungan Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung.

Harashta adalah anak pertama dari dua bersaudara dari orang tua berketurunan Sunda, ayahnya bernama Ginanjar wiraswasta yang berasal dari Kota Bandung. Ibunya bernama Yeni Yuliani berasal dari Kabupaten Garut.

| Baca Juga: Harashta Haifa Zahra Siap Wakili Indonesia di Miss Supranational 2024

Harashta mengawali karier kontes kecantikannya dengan mengikuti ajang pemilihan duta daerah Kota Bandung Mojang Jajaka Kota Bandung 2022.

Saat itu, ia terpilih menjadi Wakil II sebagai Mojang Kota Bandung 2022.

Di tahun 2024, Harashta kembali berkompetisi di Puteri Indonesia Jawa Barat 2024 untuk pemilihan Puteri Indonesia 2024 di Graha Mustika Ratu di Jakarta.

Setelah sukses bergelar sebagai Puteri Indonesia Jawa Barat 2024, Harashta berhak mewakili provinsi Jawa Barat dalam kontes kecantikan tingkat nasional Puteri Indonesia 2024.

Lantas, Harashta mewakili provinsi Jawa Barat dalam kontes kecantikan bertaraf nasional Puteri Indonesia 2024 yang digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Center di Jakarta Pusat pada tanggal 8 Maret 2024 yang bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional.

Dia berhasil dinobatkan sebagai pemenang dengan mengalahkan finalis asal DI Yogyakarta Sophie Kirana di babak dua besar pada malam final. (*) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here