Tragis! Koki Kapal Ini Terjebak di Dasar Laut Selama 3 Hari

Harrison Okene, Pria asal Nigeria berhasil selamat setelah tenggelam selama 3 hari. (Foto: Dok. Instagram)
Harrison Okene, Pria asal Nigeria berhasil selamat setelah tenggelam selama 3 hari. (Foto: Dok. Instagram)

Berlibur di laut memang terasa menyenangkan bagi sebagian orang. Namun pernah kah terbayang jika saat berada di laut, kapal yang dinaiki tiba-tiba karam dan tenggelam saat itu juga?

Harisson Okone, seorang koki kapal berusia 29 tahun harus menghadapi mimpi buruk itu. Pria asal Nigeria yang tengah menumpangi kapal Jascon-4 diterjang badai dan tenggelam ke dasar laut. Tanpa panjang lebar, Okene berusaha menyelamatkan diri saat air mulai memenuhi kapal.

“Seketika kapal langsung tenggelam,” kisahnya kepada 9News yang kini videonya kembali viral. “Kami sudah berlayar bertahun-tahun, hafal dengan perairan ini, dan belum pernah mengalami masalah sebelumnya. Saat itu saya berjuang untuk bertahan hidup dan bertanya-tanya berapa lama kantong udara ini akan bertahan.”

| Baca Juga: Lecet Pakai Sepatu, Kaki Wanita Asal Inggris Ini Diamputasi

Dilansir dari IndiaTimes, kejadian tersebut terjadi pada 26 Mei 2023. Namun nasib tak berpihak kepadanya, Okene pun terjebak di dalam bangkai kapal di dasar lautan. Saat itu Okene hanya berpikir tentang keluarganya.

“Saya memikirkan keluarga, istri saya, apa yang akan terjadi, bagaimana dia bisa hidup, bagaimana saya bisa keluar dari sini, memikirkan hidup saya sendiri.”

Sebelum kapal tenggelam, Okene sempat mengambil beberapa makanan dan minuman untuk bertahan hidup. Selama 3 hari ia bertahan dengan makanan dan minuman seadanya.

Tak hanya itu, selama 3 hari itu pula dia terendam air dan digigit udang. Akibat gigitan tersebut, kulitnya terasa gatal-gatal.

| Baca Juga: Bocah Balita di Ghana, Jadi Pelukis Termuda Dunia

Okene juga mengaku dirinya itu sempat ketakutan dan hampir panik. Namun ia berusaha keras untuk tetap tenang.

“Saya berusaha membunuh rasa takut itu,” ujar Okene kepada The Guardian. “Karena ketakutanlah yang bisa membunuh Anda dengan cepat. Kepanikan akan menghabiskan banyak oksigen dan mempercepat kematian.”

Setelah 60 jam tersiksa, keajaiban pun datang. Tim penyelamat berhasil menemukan Okene dalam kantong udara. “Kami menemukannya, ya!” seru salah satu penyelam, tak percaya. “Dia masih hidup!”

Alex Gibbs yang sedang bertugas sebagai teknisi saat itu terkejut dan bersyukur. “Tak ada yang percaya masih ada orang hidup di sana,” ungkapnya.

SELAMAT: Harrison Okene terjebak di dasar laut selama 60 jam setelah kapalnya tenggelam. (Foto: YouTube/DCNDiving)
SELAMAT: Harrison Okene terjebak di dasar laut selama 60 jam setelah kapalnya tenggelam. (Foto: YouTube/DCNDiving)

Tak seperti yang sering dibayangkan, sering kali keliru terhadap cara kerja udara di ruang sempit. Penyebab matinya manusia yang terjebak di ruang sempit bukan lah karena kekurangan oksigen, melainkan terjadinya penumpukan CO2 dari hembusan nafas diri sendiri.

“Saat Okene ditemukan, kadar CO2 di dalam kantong udara itu sudah sangat tinggi. Kalian bisa melihat dia terengah-engah dalam video dan matanya sedikit sayu karena hal ini.”

Pengalaman traumatis itu tak membuat Okene berhenti. Pada 2015, ia memutuskan untuk berlatih menjadi penyelam profesional.

“Saya sudah menghadapi banyak ketakutan dalam hidup,” kata Okene. “Dan saya memutuskan untuk menghadapi semua ini sekali lagi,” tekadnya.

Kini, Okene tercatat sebagai seorang Penyelam Komersial Kelas Dua IMCA. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here