Pimple Patch, Betul Efektif Atasi Jerawat?

Pimple patch efektif untuk atasi jenis jerawat tertentu. Foto: Dok. Freepik
Pimple patch efektif untuk atasi jenis jerawat tertentu. Foto: Dok. Freepik

Selain dengan menggunakan skincare, solusi lain dalam mengatasi masalah jerawat kini juga semakin beragam termasuk dengan pimple patch atau acne patch.

Pimple patch atau acne patch adalah sebuah stiker kecil yang biasanya ditempelkan ke jerawat yang muncul di wajah. Namun apakah penggunaan pimple patch benar-benar efektif dalam mengatasi masalah kulit ini?

Melansir dari Healthline, pimple atau acne patch dapat digunakan untuk mengatasi jerawat yang biasanya berwarna putih dan berisi nanah.

Biasanya, produk patch untuk jerawat terbuat dari bahan hidrokoloid yang bisa membantu menyerap cairan pada jerawat dan membuatnya lebih cepat kering. Namun perlu diperhatikan bahwa produk kulit ini terkadang tidak cocok untuk semua jenis jerawat.

| Baca Juga : Jangan Keliru! Ini Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam yang Benar

Beberapa produk pimple patch biasanya tidak memiliki kandungan untuk mencegah jerawat yang akan muncul. Tetapi produk ini bisa efektif untuk mengatasi jerawat yang sudah matang.

Selain kandungan hidrokoloid, anda juga bisa menggunakan patch yang memiliki kandungan lain seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, glycolic acid, dan niacinamide yang bisa membantu mengobati jerawat.

Bagi anda yang suka menyentuh jerawat dengan tangan, pimple patch bisa menjadi solusi. Pasalnya dengan menggunakan produk ini kulit akan terlapisi dan terlindung dari bakteri yang mungkin ada pada tangan.

Meski bisa efektif membantu mengatasi masalah kulit, tetapi produk patch ini juga bisa memiliki efek samping seperti iritasi, alergi, dan meninggalkan luka membekas pada kulit.

| Baca Juga : Ingin Kulit Bersih dan Glowing, 3 Pembersih Wajah Ini Wajib Punya

Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan beberapa hal ini sebelum dan setelah menggunakan pimple patch.

Sebelum menggunakan produk, pastikan wajah anda dalam kondisi kering dan bersih. Lalu gunakan patch yang sesuai dengan ukuran jerawat dengan tangan yang sudah bersih. Biarkan produk menempel pada jerawat jangan lebih dari 10 jam dan segera ganti dengan yang baru jika sudah mulai terlepas.

Setelah menggunakan pimple patch dan jerawat sudah terlihat mulai kering, lepas produk dengan menggunakan tangan yang bersih. Biasanya, pemakaian patch jerawat akan meninggalkan luka terbuka setelah isi jerawat terangkat.

Untuk menghindari adanya bakteri masuk, anda bisa menempelkan produk baru ke bekas jerawat untuk memberikan waktu pada pori-pori dalam menenangkan luka yang ada. (*) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here