Mengenal ‘Jolene’, Pelakor di Lagu Dolly Patron dan Beyonce

Foto: Dok. variety

Beberapa waktu lalu, publik dihebohkan dengan kembalinya Beyonce dengan album terbarunya, Cowboy Carter. Salah satu lagu Beyonce yang menarik perhatian adalah Jolene.

Lagu yang merupakan cover dari karya Dolly Parton itu, ternyata memiliki kisah unik dibaliknya. Mari mengenal Jolene, seorang wanita penggoda yang dulunya dibenci Dolly Parton.

Mungkin para penggemar terheran, mengapa Dolly Parton menulis lagu tentang seorang wanita yang sangat spesifik. Ternyata lagu itu memang ditulis olehnya, untuk seorang wanita yang pernah ia temui.

Baca Juga: Beyonce Dikomplain Fans Imbas 5 Trek di Album Vinylnya Raib

Dilansir dari The Independent Voice of Culture, Parton mengaku bahwa dirinya menulis lagu itu, untuk seorang wanita berambut merah yang bekerja di bank. Tak tanggung-tanggung, ‘Jolene’ ternyata memiliki rasa terhadap suami Dolly Parton, Carl Thomas Dean.

“Dia benar-benar memiliki rasa kepada suamiku… dan suamiku juga suka sekali pergi ke bank, karena wanita itu memberinya perhatian berlebih. Itu dulu sudah seperti candaan sehari-hari ketika aku bilang, ‘Wah, kau menghabiskan banyak waktu di bank. Aku tak percaya kalau kita punya uang sebanyak itu,’” ujarnya sembari bercanda.

Meski dia membuat pengalaman itu menjadi sebuah lelucon, sudah jelas bahwa wanita itu membuatnya risih, sampai menulis lagu tentangnya.

“Dia punya segalanya yang tak kumiliki. Seperti tinggi badan, dia tingginya sekitar 6 kaki (182 cm). Jadi, tak peduli seberapa cantik seorang wanita, kau akan selalu merasa tersaingi oleh wanita-wanita lain, titik,” ungkapnya mengenai perbedaan dirinya dan Jolene.

Namun ternyata Parton tak menggunakan nama asli wanita itu. Dia mengungkapkan, bahwa ia memakai nama gadis cilik yang ditemuinya saat konser.

“Suatu malam, saat sedang berada di pangung, aku bertemu gadis cilik, mungkin usianya sekitar delapan tahun saat itu… rambutnya merah, kulitnya cantik, matanya hijau, lalu dia melihatku, meminta tanda tangan. Aku mengatakan ‘wah, kau adalah gadis tercantik yang pernah kulihat, siapa namanu?’ dan diapun menjawab ‘Jolene.’ Lalu kuulang-ulang, ‘Jolene. Jolene. Jolene. Jolene.’ Ku pikir itu indah. Itu terdengar seperti sebuah lagu. Aku akan menulis lagu tentang itu,” jelasnya panjang lebar.

Baca Juga: Beyonce Rilis Album Terbaru ‘Cowboy Carter’

Setelah mengenal Jolene versi Doly Parton, lalu siapakah Jolene versi Beyonce?

Sang Queen B tidak hanya meng-cover lagu tersebut, namun ia menulis ulang liriknya. Seperti yang ditulis Forbes, versi Beyonce memiliki referensi kepada “Becky dengan rambut indah” yang juga ia sebut di album tahun 2016-nya, Lemonade, yang digadang-gadang menjadi penyebab Jay-Z dituding selingkuh dari Bey.

Diva pop tersebut juga mengubah lirik ‘memohon’ versi Parton menjadi ‘peringatan’. Beyonce memberi peringatan terhadap Jolene, untuk tidak mengambil suaminya, alih-alih memohon seperti yang ditulis Parton.

Seorang penggemar mengatakan di X, bahwa “Aku tak yakin kalau ‘Jolene’ akan berhasil ketika kau mengambil luka itu darinya. Kalau kau tidak merasa tersaingi olehnya, mengapa kau menyanyikan namanya berulang kali?”

Meskipun sudah mengenal siapa itu Jolene, untuk saat ini para penggemar masih berdebat mengenai siapakah ‘Jolene’ di kehidupan Beyonce? Apakah ia wanita yang sama dengan ‘Becky’? misteri ini hanya Beyonce yang tahu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here