Pria Tertua di Dunia Beberkan Rahasia Umur Panjang

Pria tertua di dunia berikutnya jatuh pada John Albert Tinniswood. Dia punya umur panjang berdasarkan Guinness World Records. (Foto: Dok. AP News)
Pria tertua di dunia berikutnya jatuh pada John Albert Tinniswood. Dia punya umur panjang berdasarkan Guinness World Records. (Foto: Dok. AP News)

John Alfred Tinniswood. Warga Negara Inggris ini berusia 111 tahun. Baru-baru ini, dia dikonfirmasi sebagai pemegang baru gelar pria tertua di dunia oleh Guinness World Records. Gelar tersebut didapat setelah kematian Juan Vicente Perez pada bulan ini yang punya umur panjang 114 tahun.

Sebenarnya, pemegang gelar umur terpanjang berikutnya adalah Gisaburo Sonobe dari Jepang. Namun dia baru saja meninggal dunia pada tanggal 31 Maret pada usia 112 tahun.

Dilansir dari laman AP News, Tinniswood diberikan sertifikat oleh Guinness World Records pada hari Kamis (4/4/2024), di panti jompo tempat dia tinggal di Southport, barat laut Inggris.

| Baca Juga: Berjalan Sukses, Pasien Transplantasi Ginjal Babi Akhirnya Pulang

Tinniswood merupakan pria yang lahir di Liverpool pada 26 Agustus 1912, beberapa bulan setelah tenggelamnya Titanic. Dia pernah terlihat dalam perang dunia, tepatnya bertugas di British Army Pay Corps dalam Perang Dunia II.

Lantas apa rahasia umur panjangnya? Tinniswood mengatakan dirinya bisa hidup hingga usia 111 tahun merupakan suatu keberuntungan. Meski begitu, dia membeberkan pola hidup yang dilakukan.

Pensiunan akuntan dan kakek buyut ini mengatakan moderasi adalah kunci hidup sehat. Dia tidak pernah merokok, jarang minum minuman beralkohol, dan tidak mengikuti diet khusus, selain makan malam ikan dan keripik seminggu sekali.

| Baca Juga: Imbas Boikot, McDonald’s Beli Kembali 225 Gerai Franchise Israel

“Jika Anda minum terlalu banyak atau makan terlalu banyak atau terlalu banyak berjalan, pada akhirnya Anda akan menderita,” kata Tinniswood kepada Guinness World Records yang dikutip dari AP News.

Meski begitu, Tinniswood mengaku berumur panjang tetap lah suatu keberuntungan. “Anda bisa berumur panjang atau berumur pendek, dan Anda tidak bisa berbuat banyak untuk mengatasinya. Semua itu keberuntungan,” ucapnya.

Jika Tinniswood saat ini memegang gelar pria tertua di dunia, maka wanita berumur panjang yang masih hidup, adalah Maria Branyas Morera. Warga dari Spanyol itu berusia 117 tahun, menurut Guinness World Records. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here