Pembuat Senjata di Film Alec Baldwin Dinyatakan Bersalah

Foto: Dok. CourtTv/GettyImages/NewsLimited

Armorer atau pembuat senjata dalam film yang dimainkan Alec Baldwin, Rust dinyatakan bersalah dalam kasus penembakan, yang menewaskan sinematografer, Halyna Hutchins.

Juri menemukan fakta bahwa armorer Gutierrez Reed lalai, memasukkan peluru tajam ke dalam pistol yang akan dipakai untuk syuting. Senjata itu digunakan oleh Alec Baldwin, yang tidak sengaja menembakkan pelurunya ke Halyna.

Setelah dua jam menjalani persidangan di gedung pengadilan Santa Fe, New Mexico. Juri memutuskan Gutierrez bersalah, atas tuduhan pembunuhan yang disebabkan kelalaian.

Gutierrez sendiri merupakan anak seorang pengusaha di industri film, bernama Thell Reed. Dengan kasus ini, ia terancam hukuman 18 bulan penjara. Saat vonis dibacakan, tak terlihat emosi di wajahnya, justru keluarga Gutierrez lah yang menangis saat menghadiri sidang tersebut.

Baca Juga: Alec Baldwin Didakwa Atas Pembunuhan Tidak Sengaja

Vonis tersebut tersebut tentu akan berdampak dengan nasib Alec Baldwin di persidangan selanjutnya. Ia dijadwalkan akan menjalani sidang pada Juli mendatang, atas kasus yang sama. Bila terbukti bersalah, ia juga akan terancam hukuman 18 bulan penjara.

Peristiwa tragis ini terjadi pada Oktober 2021, setelah dua minggu film ini memulai proses produksinya. Saat latihan, Alec Baldwin melepaskan tembakan ke arah Halyna Hutchins dan kemudian mengenai bahu sutradara Joel Souza, yang selamat setelah menjalani perawatan.

Pengadilan memanggil lebih dari 20 saksi dalam kasus tersebut, dimana jaksa penuntut memberikan gambaran tentang syuting film yang kacau dan terburu-buru. Sebab sehari sebelumnya, ada enam juru kamera yang mengundurkan diri, karena khawatir akan keselamatan mereka.

Setelah kejadian itu, armorer Gutierrez menjadi salah satu tersangka yang diperiksa. Ia sempat melakukan pembelaan diri, dan terang-terangan menyalahkan Alec Baldwin karena lalai saat memegang senjata.

Baca Juga: Kasus Salah Tembak Masih Berlanjut, Alec Baldwin Pilih Nyepi di Pantai. Intip Foto-fotonya!

Pengacara Gutierrez, Jason Bowles mengklaim bila kliennya dan seluruh tim produksi harus tunduk dengan Alec Baldwin. Aktor 65 tahun itu disebut sebagai ‘bos besar’ yang tidak bisa dilawan saat di lokasi syuting.

Oleh sebab itu, dengan adanya kejadian tragis ini, Gutierrez sempat membela diri dengan mengatakan, bila dirinya telah dijadikan ‘kambing hitam’. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here