Frugal Living: Penjelasan dan Tips Hidup Hemat

frugal living

Pernah merasa nggak sih kalau biaya kebutuhan hidup sekarang tuh makin tinggi, sehingga kita jadi lebih terpacu untuk bekerja dua kali lipat bahkan mencari sampingan untuk menutup kekurangan.

Cara ini boleh dilakukan namun tidak selamanya tepat. Sebab ada cara lain untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan menerapkan ‘frugal living’.

Istilah ini memang baru famliar di awal tahun 2022, namun ternyata sudah diterapkan oleh banyak seleb Hollywood seperti Ed Sheeran, Lady Gaga, Mark Zuckerberg, Leonardo DiCaprio.

| Baca juga: Cara Agar Anak Kos Bisa Makan Enak

Secara pengertian, frugal living berarti hidup hemat. Hemat bukan berarti pelit tetapi lebih bijak ketika membelanjakan uang. Soalnya, seberapa banyak pun uang bertambah ke rekening, jika kamu tidak pandai menggunakannya, hasilnya akan selalu kurang.

Selain itu, menerapkan frugal living berarti kita harus menyadari betul jumlah pengeluaran dan fokus pada beberapa prioritas keuangan. Salah satu cara hidup hemat, kamu harus mulai memiliki tujuan finansial, supaya bisa mengubah kebiasaan.

Sebagai contoh, orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di sekolah internasional, maka yang harus dilakukan adalah mencari tambahan penghasilan, mengelola uang masuk dengan memindahkannya ke beberapa instrumen investasi.

Contoh lain seorang dokter yang bermimpi pensiun di usia 40 tahun, maka dia akan mempertimbangkan hidup sederhana daripada membeli rumah miliaran rupiah.

| Baca juga: 3 Bukti Orang Baperan Juga Sukses Jalani Hubungan Asmara

Menurut Wealthsimple untuk mencapai itu semua beberapa hal yang perlu dilakukan as soon as possible adalah sebagai berikut:

  1. Catat pengeluaran
  2. Terapkan hidup minimalis
  3. Prioritaskan bayar utang (jika ada)
  4. Tahan setidaknya satu minggu ketika ingin membeli sesuatu
  5. Coba untuk memilih beli barang bekas atau diskonan yang lebih murah
  6. Kurangi post gaya hidup untuk beli tiket bioskop atau konser, travelling, beli makanan fancy

Hidup lebih sederhana dengan frugal living. Tujuan finansial tercapai, dan lebih percaya diri karena rasa aman terpenuhi. Istilahnya nih, mau apa-apa tuh selalu ada. Betul nggak? (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here