Beyoncé Bikin Lagu untuk Millenial yang Stres Bekerja

beyonce-mengerti-kelelahan-millenial
Dok. Instagram @beyonce

Beyoncé sepertinya tahu kalau kita kelelahan. Dalam single terbarunya ‘Break My Soul’, penyanyi 40 tahun itu memberikan pesan menohok kepada para millenial: “Persetan dengan pekerjaanmu, ayo berdansa.”

Lagu ke enam dari album ‘Renaissance’ itu mendapat pujian dari millenial, terlebih kaum proletar dunia. Proletar sendiri adalah kelompok sosial rendah yang digambarkan ibu tiga ini selalu bekerja mulai pukul 9-5 sore.

Salah satu lirik yang paling mengena adalah “Saya baru saja berhenti kerja”, diikuti oleh: “Sial, mereka membuat saya bekerja sangat keras. Bekerja jam sembilan lalu lewat jam lima. Dan mereka membuat saya gugup. Itu sebabnya saya tidak bisa tidur di malam hari.”

Dok. Instagram @beyonce

| Baca juga: Stres Kerja? Jogetin Aja Bareng ‘Break My Soul’ – Beyoncé. Ini Liriknya!

Jillian Morgan dari majalah Fashion berpendapat: “Mendengarkan lirik lagu Break My Soul hanya akan membuat kamu menarik kembali selimut dan melupakan pekerjaanmu. Sangat kontras dengan musiknya yang justru membuatmu semangat bekerja.”

Ya, lagu Beyoncé sangat relate dengan realita sosial, diantara banyaknya karyawan yang melakukan ‘Pengunduran Diri’ besar-besar di masa Covid-19 yang tidak jelas ujungnya, ketakutan kita akan resesi, dan tekanan kapitalisme.

Ibu tiga ini lantas memberi saran kepada para penggemarnya melalui lagu. Untuk bisa melepaskan stres maka kita harus “Lepaskan amarah, lepaskan pikiran, lepaskan pekerjaan, lepaskan waktu, lepaskan perdagangan, lepaskan stres, lepaskan cinta, lupakan sisanya.” Tapi tentu saja, tidak bisa semudah itu melepaskannya.

Dok. Instagram @beyonce

| Baca juga: Komentar Pedas Ratu Elizabeth Setelah Pangeran William Lahir

Banyak penggemar bercanda di media sosial bahwa lagu tersebut dirilis untuk mendukung hari pertama aksi mogok rel RMT kemarin.

Sebagian lagi berkomentar jika single ‘Break My Soul’ ini sebagai pertanda kalau Bey akan istirahat dari pekerjaannya sebagai penyanyi. “Beyoncé siap untuk meletakkan tongkat baseball dan beristirahat,” ujar Jillian dari Fashion Magazine.

Terlepas dari itu, Beyonce tentu bukan anti-kapitalis. Dia hanya mengerti stres yang kita rasakan saja dan menuangkannya lewat lagu. Lagipula sosok multitalenta seperti Bey ini sudah kerja sejak dia masih kecil, untuk semua penghargaan yang diperolehnya dari kerja keras. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here