Aktor Wimpy Kid, Ryan Grantham Akui Membunuh Ibunya

aktor-wimpy-kid-ryan-grantham
Ryan Grantham. Dok. NETFLIX

Aktor Diary of Wimpy Kid, Ryan Grantham, yang mengaku bersalah atas pembunuhan tingkat dua pada bulan Maret atas pembunuhan ibunya, Barbara Anne Waite juga memiliki rencana untuk membunuh Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.

Sidang hukuman pada aktor 24 tahun itu sedang berlangsung di Mahkamah Agung British Columbia minggu ini. Saat ini jaksa sedang menyoroti kondisi mental sang aktor ketika melakukan kejahatan.

British Columbia mengkonfirmasi kepada People bahwa jaksa penuntut umum membuat permohonan agar Ryan Grantham mendapat hukuman seumur hidup karena melakukan pembunuhan tingkat dua ibunya.

| Baca juga: Kate Middleton Dapat Julukan ‘Briliant Princess of Wales’

Menurut Layanan Penuntutan proses hukuman sudah dimulai pada 13 Juni. Meski jaksa memohon agar Ryan mendapat hukuman seumur hidup, namun sesuai Undang-Undang yang berlaku untuk pembunuhan tingkat dua, aktor itu hanya akan mendapat hukuman 10 tahun hingga maksimal 25 tahun penjara.

CBC melaporkan bahwa Ryan Grantham telah melatih pembunuhan itu dan membuat video. Termasuk membuat video rekaman yang berisi pengakuan kejahatannya, dia menunjukkan mayat ibunya setelah dia menembaknya di kepala saat bermain piano.

Setelah membunuh ibunya pada 31 Maret 2020, Ryan mengisi mobilnya dengan tiga senjata beserta amunisinya, 12 bom molotov, perlengkapan kemah, dan peta mengarah ke Rideau Cottage, tempat Trudeau tinggal bersama keluarganya.

| Baca juga: Jennifer Aniston Dikecam Karena Klaim Hollywood Penuh dengan Orang Seperti Paris Hilton: Tak Berguna

Sebuah kutipan dalam jurnal pribadinya dibacakan di pengadilan, isinya adalah rencana pembunuhan Trudeau. Lebih lanjut disampaikan, namun dia tidak pernah berhasil sampai ke kediaman Trudeau dan malah pergi ke markas polisi Vancouver untuk menyerahkan diri.

Ternyata benar, Jaksa Michaela Donnelly memperlihatkan hasil pemeriksaan psikiatris yang menunjukkan bahwa aktor tersebut telah mengalami “periode depresi klinis yang intens” beberapa bulan menjelang kejahatan tersebut.

Laporan tersebut juga menunjukkan, bahwa Ryan Grantham “mengalami dorongan untuk melakukan kekerasan dan bunuh diri.” Itulah yang membuatnya memutuskan untuk membunuh ibunya, “agar ibunya tidak melihat kekerasan yang ingin dilakukannya kepada Trudeau”.

Seperti yang sudah diketahui, Ryan Grantham sendiri memiliki peran dalam film Diary of a Wimpy Kid tahun 2010 dan The Imaginarium of Doctor Parnassus tahun 2009. Penghargaan akting terakhirnya adalah untuk film Riverdale tahun 2019, dan dia muncul di acara CW lainnya seperti Supernatural dan iZombie. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here