5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

penyebab menstruasi tidak lancar

Menstruasi tidak lancar biasanya menjadi penyebab kekhawatiran utama wanita, baik yang sudah menikah maupun belum menikah, sebab hal ini bersinggungan dengan kesuburan. Tetapi tenang saja, jika sudah menemukan akar permasalahannya, haid kamu bisa kembali teratur lagi kok. Yuk cari tahu penyebabnya di sini!

| Baca juga: Mengenal Menstrual Cup dan Cara Pakainya

Pemakaian kontrasepsi hormonal bisa membuat haid tidak lancar, lantaran mengandung hormon yang dapat menekan ovulasi. Selain itu, kontrasepsi juga membuat lapisan dinding rahim berubah menjadi tidak ramah terhadap sperma. 

kontrasepsi hormonal

Wanita yang memasuki masa menopause, akan mengalami gangguan siklus haid. Ini gara-gara produksi hormon estrogen dan progesteron menjadi tidak stabil.

menopause

Tahu kah ternyata ada satu bagian tubuh di luar rahim yang bisa menyebabkan siklus haid mu berantakan? Dia adalah kelenjar tiroid yang menghasilkan hormon tiroid. Hormon ini bisa menyeimbangkan hormon yang mengatur ovulasi. Jika terganggu, maka dipastikan menstruasimu juga ikut kacau.

tiroid

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) bisa menjadi salah satu sebab menstruasimu tidak lancar. PCOS bisa disebabkan oleh kelainan hormonal. Wanita yang terkena PCOS bisa memengaruhi fungsi indung telur.

pcos

Kalau kamu adalah wanita yang kerap merasakan stres ditambah menjalani pola hidup tidak sehat, jangan kaget kalau menstruasimu jadi tidak teratur. Stres yang dilampiaskan ke gaya hidup tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi alkohol, dan makan junkfood bisa mengganggu metabolisme tubuh yang berpengaruh terhadap menstruasi. (*)

stres pada wanita

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here