3 Cara Menemukan Psikiater yang Tepat

cara menemukan psikiater

Memutuskan untuk pergi terapi ke psikiater ketika mental sedang dalam masalah adalah langkah penting menuju penyembuhan. Namun perlu disadari jika proses untuk menemukan terapis yang tepat ternyata tidak mudah. Sebab perlu melibatkan beberapa langkah untuk mendapatkan perawatan terbaik. Mau tahu apa saja? Baca artikel sampai habis ya!

Melakukan riset

Saat mencari terapis, pastikan kamu mengidentifikasi spesialisasi dan keahlian mereka. Ini adalah salah satu cara untuk mempersempit pilihan kamu.

Pertimbangankan juga faktor usia, jenis kelamin, ras, etnis, atau bahkan kota asal terapis. Mengapa ini penting? Dr. Anisha Patel-Dunn, Chief Medical Officer di LifeStance Health, sebuah jaringan penyedia kesehatan mental menjelaskan bahwa:

“Saya mendorong calon paseien untuk membaca biografi beberapa orang psikiater. Sebab biasanya mereka berbicara tentang masalah-masalah yang mereka fokuskan. Terkadang mereka juga sedikit berbicara tentang diri mereka sendiri,”

“Mungkin ada sesuatu di biografi mereka yang klik dengan Anda – saya pikir orang suka pergi ke [terapis] yang mengingatkan mereka pada diri mereka sendiri,” kata Dr. Anisha Patel-Dunn.

Ketahui pilihan kamu

Tidak semua terapi berjalan dengan mudah, seringkali biaya menjadi kendalanya. Maka, pengobatan berbiaya rendah patut untuk dijadikan pertimbangan.

Kalau kamu pelajar, bisa saja menggunakan layanan konseling yang tersedia di sekolah atau universitas. Di sana kamu bisa melakukan terapi jangka pendek sembari mencari alternatif lain.

Jika kamu merasa insecure, kamu bisa saja mendatangi komunitas pegiat kesehatan mental untuk menemukan support group, yang memiliki kesamaan dalam hal kecandua, kecemasan, stres, sampai depresi.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan layanan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan yang sudah disediakan oleh pemerintah, atau berkonsultasi dengan psikiater online melalui aplikasi kesehatan.

| Baca juga: Cari Tahu Yuk! Ini 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Nikah

Lakukan terapi dua hingga tiga sesi

Seperti pepatah lama, kamu tidak akan tahu jika tidak mencobanya. Beri diri kamu waktu untuk mencari tahu apakah terapis sesuai dengan kebutuhan kamu atau tidak.

Sebab untuk mengetahui cocok atau tidaknya metode dan personal terapis dengan dirimu tidak dapat dilakukan dalam satu sesi, jadi Dr. Anisha Patel-Dunn merekomendasikan untuk menghadiri setidaknya dua hingga tiga sesi sebelum membuat keputusan.

“Menemukan seorang profesional dan berbicara dengan mereka bisa sangat memprovokasi kecemasan,” katanya. “Kamu mungkin merasa sangat cemas di kunjungan pertama.” (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here