3 Cara Membantu Anak Atasi Perubahan

cara anak atasi perubahan

Terlepas dari usia, kemampuan, dan jenis perubahan yang akan datang, ada cara sederhana untuk membantu anak-anak mengatasi perubahan besar maupun kecil.

Beberapa panduan dan sedikit latihan, seperti menggunakan 6 cara ini untuk membantu mengatasi perubahan, akan membantu mengajari anak-anak kamu strategi jangka panjang untuk menghadapi perubahan yang datang dalam kehidupan.

Kamu mungkin akan menemukan bahwa mereka juga bisa membantu kamu sebagai orang dewasa saat menghadapi situasi yang berubah apa pun yang terjadi.

| Baca juga: Jadi Idola! Ini Alasan Kate Middleton Layak Jadi Panutan Para Ibu

Persiapkan waktu

Salah satu cara paling sederhana namun paling efektif untuk membantu anak-anakmu mengatasi perubahan yang akan datang adalah memberi tahu mereka tentang perubahan itu jauh sebelum itu akan terjadi.

Ini memberi mereka waktu untuk memproses dan mempersiapkan perubahan. Ini juga memberi Anda waktu untuk berbicara dengan mereka tentang hal-hal yang tidak diketahui.

Sebagai contoh, jika kamu dan pasangan telah memutuskan untuk bercerai, beri tahu anak-anak Anda sebelum salah satu orang tua bersiap-siap untuk pindah sehingga mereka dapat memproses situasi tersebut.

Biarkan mereka merasakan perasaannya

Tidak peduli apa perasaan mereka, penting untuk membiarkan anak-anak kamu merasakan perasaan mereka. Terkadang sulit untuk melihat anakmu merasa marah, sedih, atau kesal dengan cara apa pun.

Tetapi untuk mengatasi perubahan yang terjadi, penting bagi mereka untuk merasakan apa pun yang dirasakan oleh perubahan itu. Mengubur atau mengabaikan perasaan itu hanya membuat perubahan semakin sulit.

Mengakui perasaan mereka sendiri dan membuat kamu mengakuinya membantu kamu berdua mengetahui bagaimana mereka bereaksi terhadap perubahan. Ini juga memungkinkan kamu untuk memahami dan berempati.

Dengarkan anak dan buatlah bonding

Ini sangat terkait dengan gagasan sebelumnya untuk membiarkan anak-anak merasakan perasaan mereka untuk mengatasi perubahan. Pertama, dengarkan anak-anak kamu. Hanya berada di sana untuk mereka.

Dengarkan apa yang mereka katakan dan bagaimana perasaan mereka. Biarkan mereka tahu bahwa mereka dapat datang kepada kamu dengan pertanyaan atau hanya untuk berbicara dan kamu akan berada di sana untuk mendengarkan.

Ingat, bahwa mendengarkan tidak selalu berarti menawarkan nasihat. Sering kali, mendengarkan berarti hanya itu. Dengarkan mereka. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here