Tak Hanya Narkoba, Ini 9 Kontroversi Anji Eks ‘Drive’ yang Bikin Heboh

kontroversi anji ditangkap kasus narkoba ganja
Foto: Dok. Instagram Anji

Musisi Erdian Aji Prihartanto, atau yang akrab disapa Anji seakan tak pernah jauh dari kontroversi. Yang terbaru, ia ditangkap polisi pada Jumat (11/6) malam atas dugaan penyalahgunaan narkoba jenis ganja. Pelantun Bersama Bintang itu diciduk di rumahnya di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. 

Tak hanya terlibat narkoba, Anji juga pernah bikin heboh karena berbagai komentarnya soal Covid-19. Ia mengatakan kalau virus tersebut tidak menakutkan. Penyanyi 42 tahun itu juga beberapa kali menuliskan cuitan yang mengundang kehebohan dan bikin gemas banyak orang. Apa saja kontroversi Anji? Let’s check this out!

1. Kontroversi Anji vs EXO

EXO-plagiat-lagu-anji
Foto : Dok. Instagram Anji Manji

Maret 2018 lalu, lagu Kekasih Terhebat milik Anji jadi perbincangan. Pasalnya, sempat beredar kabar bahwa lagu yang dirilis tahun 2011 lalu itu dijiplak oleh boyband asal Korea Selatan, EXO.

Lagu Someone Like You yang dibawakan oleh sub-grup EXO-CBX (Chen, Baekhyun dan Xiumin) dirilis pada 2018, untuk mengisi drama Korea Live. Lagu itu dinilai memiliki melodi yang sama dengan reff Kekasih Terhebat. 

“LAGU EXO mirip ANJI. Fans KPop atau EXO jangan emosi dulu. Baca ya. Beberapa hari belakangan ini isu plagiat agak kencang dibahas, karena ada lagu Indonesia dibilang mirip sama lagu Korea. Yang kenceng mempermasalahkan adalah orang Indonesia yang suka lagu Korea,” tulis Anji dalam unggahannya.

kontroversi-anji-exo
Foto: Dok. Instagram Anji

Baca juga: Dituduh Plagiat Lagu Anji, Fans EXO Ngamuk

Karena unggahannya itu, Anji langsung diserang oleh sejumlah fans EXO. Mereka tidak terima dengan pernyataan Anji. Sampai-sampai ada yang menyumpahi Anji serta mengiriminya kata-kata kasar.

2. Pembelaan untuk Kekeyi

Dua bulan lalu lagu Keke Bukan Boneka jadi trending. Betapa tidak,  video klip single terbarunya berhasil ditonton 17 juta kali hanya dalam kurun waktu lima hari. Bersama kesuksesan tersebut, datang cobaan yang berat. 

Keke Bukan Boneka dituduh plagiat dari lagu Aku Bukan Boneka yang dibawakan oleh Rinni Wulandari di awal 2000-an. Video klip lagu tersebut pun sempat di-take down oleh YouTube.

Di tengah kontroversi tersebut, Anji mengundang Kekeyi untuk membicarakan permasalahan ini. Mantan vokalis Drive itu mengupas secara mendalam soal lagu itu. Mulai dari peraturan soal plagiarisme hingga menghubungi pencipta lagu Aku Bukan Boneka, Novi Umar.

| Baca juga: Lagunya Di-Take Down YouTube, Kekeyi Buka Suara

Tindakan Anji itu menuai pro dan kontra. Ada yang membelanya karena membantu Kekeyi yang tengah kesusahan. Tidak sedikit pula yang menghujatnya. Kala itu, Anji dianggap membela tindakan plagiarisme.

Pelantun Resah Tanpamu itu pun memberi klarifikasinya. Ia mengatakan kalau dirinya tidak membela plagiarisme, namun hanya menyampaikan apa yang Kekeyi katakan. “Kekeyi bilang nggak jiplak, masa saya harus bilang jiplak,” katanya.

3. Anji Kembali Membuat Kontroversi Usai Komentari Foto Jenazah Korban Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here