Anak ke Dua Meghan-Harry Bakal Jadi Warga Negara AS atau Inggris?

kewarganegaraan lilibet diana anak ke dua meghan markle dan netflix serial series pertama wawancara-harry-pangeran-meghan-markle
Foto: Pool/Getty Images

Pangeran Harry dan Meghan Markle resmi menjadi orangtua dua anak. Jumat (4/6) Meghan melahirkan anak ke dua yang berjenis kelamin perempuan di Rumah Sakit Santa Barbara Cottage, California, Amerika Serikat. Bayi tersebut diberi nama Lilibet Diana Mountbatten-Windsor. 

Lahir di Negeri Paman Sam dan dari orangtua yang memiliki kewarganegaraan berbeda, lantas apa kewarganegaraan anak ke dua Meghan Markle? 

Lilibet Diana akan memiliki kewarganeraan ganda yakni Inggris dan Amerika. Seperti diketahui, Amerika Serikat menganut prinsip ‘ius soli’, di mana kewarganegaraan seseorang ditentukan berdasar tempat kelahirannya. 

Sementara itu kewarganegaraan Inggris diperoleh Lili dari garis keturunan sang ayah, Pangeran Harry. Tak seperti Amerika, Inggris menganut prinsip ‘ius sanguinis’, yakni kewarganegaraan seseorang ditentukan berdasarkan keturunan orang yang bersangkutan.

Dilansir dari Us Weeklykewarganegaraan Lili sama dengan sang kakak, Archie Harrison. Putra pertama Meghan dan Harry itu memang lahir di Inggris, namun kini sudah menetap di Amerika. 

|Baca juga: Meghan Markle Melahirkan Anak ke Dua, Ini Respon Royal Family

Sementara itu, Meghan hingga kini berstatus warga negara Amerika Serikat dan tidak akan memiliki kewarganegaraan ganda. Dia gagal memenuhi persyaratan utama memiliki kewarganeraan yang sama dengan sang suami, yakni tinggal di Inggris selama minimal tiga tahun. 

Duchess of Sussex hanya tinggal di Inggris selama 1,5 tahun setelah menikah dengan Harry. Mereka memutuskan untuk mundur sebagai anggota senior Royal Family pada awal 2020 lalu. Keduanya sempat tinggal di Kanada selama beberapa bulan. Lalu mereka menetap di AS sejak pertengahan 2020. 

Sementara itu bukan hanya kewarganegaraan anak ke dua Meghan Markle yang mencuri perhatian. Nama bayi yang lahir dengan berat 3,4 kg itu juga jadi sorotan. 

Baca juga: Adu Gaya Putri Beatrice Vs Meghan Markle Saat Hamil

Lilibet Diana, nama tersebut dipilih sebagai bentuk penghormatan untuk nenek Harry, Ratu Elizabeth II. Lilibet adalah nama panggilan keluarga Windsor untuk sang ratu. Sementara Diana dipilih untuk memberikan penghormatan pada mendiang ibunda Harry, Putri Diana. 

Kelahiran Lili membawa kebahgiaan tersendiri bagi pasangan yang menikah pada 19 Mei 2018 itu. Mereka juga mengungkap rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengirim dukungan dan doa.

“Dia (Lili, red) lebih dari yang kami bayangkan, dan kami sangat berterima kasih atas cinta dan doa yang kami terima dari seluruh penjuru dunia. Terima kasih atas dukungan dan kebaikan kalian semua di momen spesial ini,” ujar Harry dan Meghan. (*)

 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here