Pengakuan Korban Pelecehan Seksual YouTuber Gofar Hilman

4. Mencoba Mengungkap Pelecehan Tersebut

Setelah insiden traumatis itu, @quwenjojo sempat mengungkap hal tersebut di media sosial Instagram. Namun ia mendapat respon negatif. Bahkan seorang temannya memberikan pembelaan pada Gofar. 

Beberapa kali gue coba speak up lagi ke orang-orang terdekat, alhamdulillah beberapa jadi supporter yang masha Allah banget, tapi nggak sedikit juga yang respon “lo terlalu hot sih” sorry I’ll never take it as a compliment,” lanjutnya. 

Baca juga: Founder SPI Kota Batu Dilaporkan Atas Dugaan Kasus Pelecehan Seksual

Tak hanya itu, beberapa kenalan @quwenjojo bahkan memintanya untuk tutup mulut. Sejak kejadian itu ia juga memilih untuk memblokir semua akun media sosial sang publik figur. Tapi kini berbeda. 

Atau “yah udah simpen aja, kalo lo ngomong di publik mah lo yang diserang fansnya” sekarang gue merasa punya orang-orang terdekat yang supportive banget, jadi udah nggak takut lagi kalau diamuk penggemarnya. Sekarang gue unblock Gofar karena tujuan gue speak up secara publik ini,” ujarnya. 

5. Peringatan untuk Gofar

Pemilik akun tersebut juga memberikan nasihatnya untuk Gofar Hilman. Ia berharap agar penyiar radio itu menyadari kesalahan yang dilakukannya tiga tahun lalu. Ia juga meminta Gofar agar tidak mengulangi perbuatannya. 

Mengingatkan Gofar bahwa nggak semua orang mau melakukan apa aja dengan kamu. Mengingatkan semua orang untuk berhati-hati dalam mengambil tindakan, walau pun di ruang publik,” tulisnya. 

Baca juga: Alami Pelecehan Seksual, Ini yang Dilakukan Kakak Adhisty Zara

Tak lupa ia juga menekankan kalau pelecehan seksual bukanlah hal yang bisa dijadikan bahan candaan. Adalah sebuah kewajiban untuk menolong korban ketika pelecehan terjadi. Bukan malah meledek mereka. 

Mengingatkan semua orang bahwa dilecehkan di ruang publik sama sekali bukan sesuatu yang mengenakkan, jadi ke depannya kalau ada yang bercanda “dienakin kok nggak mau?” lagi, gua keplak pala lu. Menolong orang yang dilecehkan di mana pun itu responsibility semua orang,” imbuhnya. 

“Jangan anggap remeh pelecehan sekecil apa pun, nggak semua orang bisa handle trauma dengan baik. Agar semua orang yang berniat melakukan pelecehan ke siapa pun bisa mikir berkali-kali atas konsekuensi dari tindakan impulsif dan menjijikan itu. Good night!” kata @quwenjojo. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here