Presiden Joe Biden Kehilangan Kesayangannya

0
215
anjing joe biden mati
Foto: Getty Images

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan keluarga berduka. Satu dari dua anjing kesayangannya, Champ, mati. Anjing jenis German Shepherd ini dimiliki Joe Biden dan istrinya, Jill sejak tahun 2008.

Champ mengembuskan napas terakhir di Wilmington, Delaware. Demikian pernyataan resmi dari Gedung Putih.

”Kami sangat berduka hari ini, yah seperti kalian tahu anjing German Shepherd kesayangan kami, Champ mati. Tapi dia mati dengan damai,” kata perwakilan Joe dan Jill dalam pernyataannya.

”Dia sudah menceriakan keluarga ini selama 13 tahun. Dia juga sangat dipuja seluruh keluarga,” imbuhnya.

anjing-joe-biden-mati
Champ sudah menjadi bagian keluarga Joe dan Jill Biden. Foto: Net

Melalui Twitter-nya, Presiden Biden menambahkan, ”Keluarga kami kehilangan Champ hari ini. Saya akan merindukannya.”

Champ adalah satu dari dua anjing German Shepherd yang dimiliki keluarga Biden. Satu lainnya adalah Major.

Champ dimiliki keluarga Biden sejak Joe masih menjadi Wakil Presiden. ”Nggak ada yang disukai Champ selain meringkuk di kaki kami di depan api unggun di punghujung hari. Bergabung bersama kami ketika ada pertemuan dan menghibur para tamu. Atau berjemur di taman Gedung Putih. Di masa mudanya, Champ paling suka mengejar bola golf di halaman depan Naval Observatory atau berlomba untuk mengejar cucu-cucu yang berlarian di halaman belakang rumah kami di Delaware,” lanjut Joe.

Baca juga: Aksi Para Seleb di Pelantikan Biden-Harris Ini Bikin Merinding

Champ menjadi anggota keluarga Biden pada masa transisi kepresidenan, Desember 2008. Tidak lama setelah Joe Biden terpilih sebagai Wakil Presiden mendampingi Presiden Barrack Obama.

Umur Champ baru sebulan ketika diadopsi keluarga Biden dari breeder di Spring City, Pennsylvania. Cucu-cucu Biden yang memberi nama. Dipilih Champ karena itu penghormatan kepada nama panggilan Joe dari ayahnya.

Dipilih jenis German Shepherd karena keluaga Biden memiliki sejarah yang panjang dengan ras ini. ”Saya punya German Shepherd ini sejak masih kecil,” kata Joe dalam satu wawancara.

Champ di gedung putih
Anjing Joe Biden, Champ saat menemani tuannya bekerja. Foto: Net

Bersama Major, Champ ditampilkan dalam iklan kampanye presiden Biden pada tahun 2020. Kurang dari seminggu setelah dilantik, Biden pun memulihkan tradisi kepresiden, membawa hewan piaraan ke Gedung Putih dengan memindahkan Champ dan Major bersama mereka.

Sebab pada masa pemerintahan Donald Trump tidak ada anjing kepresidenan di sana. Trump adalah presiden AS pertama yang tidak memiliki hewan piaraan.

”Champ menikmati tempat tidur barunya di dekat peraian dan Major senang berlarian di South Lawn,” kata sekretaris pers Ibu Negara Michael LaRosa kepada CNN saat itu.

anjing joe biden major dan champ
Foto: Net

Baca juga: Adu Gaya Jill Biden vs Melania Trump di Pelantikan Presiden AS

Dua anjing itu sempat dipindahkan ke Delaware setelah insiden gigitan yang dilakukan Major, Februari lalu. Namun itu hanya sebulan, sebab pada Maret, mereka kembali ke Gedung Putih.

Dalam wawancara dengan Kelly Clarkson di The Kelly Clarkson Show, Champ dan Major ini duduk manis di kaki Jill. Kala itu Jill menyatakan bahwa membiasakan Champ dan Major tinggal di Gedung Putih menjadi salah satu fokus utamanya.

”Mereka harus naik lift dan mereka tidak terbiasa dengan itu. Mereka juga harus ke South Lawn dengan banyak orang mengawai. Jadi itulah yang membuat saya terobsesi. Yaitu membuat semua orang tenang dan tenang,” papar ibu negara.

Jill juga menyatakan jika persahabatan dua anjing itu sangat konstan. ”Mereka suka berada di mana pun kita berada. Bahkan ketika pintu saya tertutup, mereka duduk tepat di luar pintu. Seperti mau bilang, ’Biarkan saya masuk! Biarkan saya masuk!’” lanjut Jill.

Itulah yang jadi kenangan tak terlupakan dan dinyatakan Presiden dan Ibu negara ketika mengumumkan kematian Champ. ”Bahkan ketika Champ makin lemah di bulan-bulan terakhir ini, ekornya tetap bergoyang-goyang dan menyenggol. Minta agar kami menggaruk telinga atau menggosok perut. Di mana pun kami berada, dia ingin berada dan semua seketika menjadi lebih baik ketika dia berada di samping kami. Kami mencintai anak laki-laki kami yang manis dan baik dan akan selalu merindukannya,” imbuh mereka. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here