Urutan Pewaris Takhta, Anak ke Dua Meghan-Harry Nomor Berapa?

kelahiran anak ke dua meghan markle dan pangeran harry lilibet diana posisi pewaris penerus takhta kerajaan inggris
Foto: Dominic Lipinski/Getty Images

Meghan Markle dan Pangeran Harry resmi menjadi orangtua dua anak. Duchess of Sussex melahirkan anak ke dua yang diberi nama Lilibet Diana pada Jumat (4/6) lalu. Lantas apakah anak ke dua Meghan dan Harry kelak akan masuk dalam garis pewaris takhta kerajaan Inggris?

Meski ayah dan ibunya sudah mundur sebagai anggota senior Royal Family, Lili tetap masuk dalam pewaris takhta kerajaan Inggris. Cicit ke-11 Ratu Elizabeth II ini duduk di urutan ke delapan pewaris takhta, tepat di bawah kakaknya, Archie Harrison. 

Ini berarti anak ke dua Meghan dan Harry akan ‘merebut’ posisi Pangeran Andrew yang sebelumnya ada di urutan ke delapan penerus takhta. Anak ke tiga Ratu Elizabeth itu akan turun satu tingkat dan berada di urutan ke sembilan. Diikuti oleh dua putri Pangeran Andrew, Putri Beatrice dan Eugenie di urutan ke-10 dan ke-11. 

Dilansir dari People, hingga saat ini Pangeran Charles berada di urutan pertama sebagai penerus takhta kerajaan Inggris. Disusul dengan Pangeran William, George, Charlotte dan Louis. Urutan ke enam diisi oleh Pangeran Harry. Sedangkan Archie Harrison dan Lili duduk di posisi ke tujuh dan delapan. 

Baca juga: Meghan Markle Melahirkan Anak ke Dua, Ini Respon Royal Family

Sementara itu, kabar kelahiran Lilibet dibagikan melalui website resmi lembaga non-profit mereka, Archewell Foundation, Minggu (6/6). Adik Archie Harrison itu lahir di Rumah Sakit Santa Barbara Cottage, California, Amerika Serikat.

“Dengan penuh kebahagiaan kamu sampaikan bahwa Pangeran Harry dan Meghan, Duke dan Duchess of Sussex telah menyambut kelahiran putri mereka, Lilibet ‘Lili’ Diana Mountbatten-Windsor ke dunia ini. Lili lahir pada hari Jumat, 4 Juni sekitar pukul 11.40 pagi,” begitu hunyi pernyataan resmi dari pasangan Sussex.

Bayi yang lahir dengan berat 3,4 kg tersebut kini sudah pulang bersama sang bunda. Keduanya dalam keadaan sehat.

Bukan hanya kelahirannya yang mencuri perhatian. Nama anak ke Dua Meghan Markle dan Harry itu juga jadi sorotan. Lilibet Diana, nama tersebut dipilih sebagai bentuk penghormatan untuk nenek Harry, Ratu Elizabeth II.

Lilibet adalah nama panggilan keluarga Windsor untuk sang ratu. Sementara Diana dipilih untuk memberikan penghormatan pada mendiang ibunda Harry, Putri Diana.

Baca juga: Adu Gaya Putri Beatrice Vs Meghan Markle Saat Hamil

Kelahiran Lili membawa kebahgiaan tersendiri bagi pasangan yang menikah pada 19 Mei 2018 itu. Mereka juga mengungkap rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengirim dukungan dan doa.

“Dia (Lili, red) lebih dari yang kami bayangkan, dan kami sangat berterima kasih atas cinta dan doa yang kami terima dari seluruh penjuru dunia. Terima kasih atas dukungan dan kebaikan kalian semua di momen spesial ini,” ujar Harry dan Meghan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here