Bingung Stok Habis, Ini Obat-obatan yang Diminum Putri Denada

0
denada-dan-aisha
Foto: Dok. Instagram Denada Indonesia

Sudah hampir dua tahun, putri Denada Tambunan, Aisha atau yang dulu dikenal dengan nama Shakira Aurum, berjuang melawan leukimia atau kanker darah. Bocah tujuh tahun itu kini masih harus mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi penyakitnya.

Obat-obatan itu ditunjukkan oleh Denada di Instagram-nya beberapa waktu lalu. Dalam sekali minum, Aisha harus menelan beberapa butir obat yang kini ketersediannya menipis di pasaran. Ada obat yang harus diminum setiap hari, ada yang satu minggu sekali, bahkan diminum dalam periode tahunan.

“Disitu ada 6MP dan MTX namanya. Obat yg biasanya dikasih ke mereka yg lagi ngejalanin treatment untuk kanker. Beberapa dr obat2an kanker itu ada yg musti diminum tiap hari, ada yg seminggu sekali. Ada yang diminum selama 2 minggu, kadang harus beberapa bulan, dan bahkan ada yg musti diminum setiap hari dalam periode taunan -> seperti 6MP,” ujar Denada sambil mengunggah potret obat yang harus diminum Aisha dalam satu waktu.

obat-anak-denada
Obat Aisha untuk sekali minum
Foto: Dok. Instagram Denada Tambunan

|Baca juga: Pada Kondisi Ini, Denada tak Lagi Tutup Wajah sang Putri dengan Stiker

Denada dan para penderita kanker lainnya kini mengeluh. Obat-obat itu saat ini stoknya sedang habis di Indonesia. Padahal mereka tak bisa hidup tanpa meminum obat itu.

“Aku dapet DM dari org tua yg anaknya lg chemo di Indonesia, yg ngeluh krn dia dan anak2 lain saat ini lg kesulitan buat dapetin obat chemo 6MP. Mereka udah nyari baik yg BPJS maupun yg berbayar. Kosong. Tadi pagi, aku minta tlg tim ku di Jakarta tlp beberapa apotik dan RS besar. Hasilnya: kosong,” katanya.

Kesulitan inilah yang kini membuat para pejuang kemoterapi di Indonesia was-was. Obat-obat itu harus segera mereka dapatkan karena jadwal minumnya sudah ditentukan oleh dokter agar mereka tak kesakitan.

“Obat kanker, sebagaimana obat2 bagian dari pengobatan kondisi kesehatan lain, adalah obat yg ga bisa nunggu, ga bisa minumnya entar2 aja kalo pas stok nya ada di apotik. Semua udah rapih dijadwalin sama dokter. Tanggal berapa sampe berapa minum apa, lalu habis itu masuk ke obat apa, chemo apa, dst. Bahkan beberapa ada yg diatur sampe ke jam nya,” cerita wanita 41 tahun itu.

|Baca juga: Ganti Nama sang Putri Jadi Aisha, Ini Alasan Denada Tambunan

Apalagi di masa pandemi ini, selain kendala pada stok obat, kendala lainnya ada dalam hal keungan. Meski saat ini Aisha sedang dirawat di Singapura, Denada turut berduka dengan nasib para penderita kanker lainnya di Indonesia. Denada pun juga meminta bantuan informasi, terkait kesediaan obat kanker yang dimaksudnya.

“Aku ga kebayang perasaan para org tua yg lagi kesulitan dapet obat buat anaknya ini skrg. Masa pandemi ini udah pasti bikin semua lebih menantang buat para pejuang kanker. Harus ditambah lagi dengan kebingungan dan kekuatiran karena ga bs dapetin obat buat anaknya,” ungkapnya.

“Please buat yg bs kasih info, dimanakah bs dapetin obat 6MP saat ini di Indonesia? Terimakasih yaa,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here