Pernah Tiga Kali Keguguran, Ashanty Bongkar Penyebabnya

ashanty-gejala-dan-penyebab-autoimun
Foto: Dok. Instagram Ashanty

Beberapa tahun belakangan, penyanyi Ashanty dikabarkan menderita sejumlah penyakit. Ashanty pernah divonis menderita meningitis tahap awal pada tahun 2013. Setelah menjalani perawatan, ibu dua anak itu pun kini telah sembuh.

Namun, penyakit seperti belum masih mau mendekti Ashanty. Pada akhir 2019, istri Anang Hermansyah itu terserrang penyakit autoimun.

Bukan hanya itu, Ashanty rupanya pernah mengalami keguguran hingga tiga kali. Sehingga memiliki dua anak seperti saat ini, dianggapnya sebagai suatu keajaiban.

Ashanty mengira keguguran pertama yang dialaminya, disebabkan karena kelelahan. Sedang keguguran yang ke dua, Ashanty mengira karena efek dari jatuh terpeleset.

“Kita menikah lalu hamil, sebulan, dua bulan hamil, keguguran. Itu aku mikirnya karena naik-turun tangga ruko ya, kan empat lantai,” ungkap Ashanty dalam kanal YouTube Daniel Mananta, Selasa (23/6).

|Baca juga: Tak Bisa Berobat ke Singapura, Ini Kondisi Penyakit Autoimun Ashanty

“Terus yang ke dua itu, pas ulang tahunku, aku kepleset,” ungkap Ashanty. “Aku jarang ngasih hadiah. Waktu itu aku punya duit, aku kasih hadiah sesuatu yang nggak mungkin dia beli. Kaget dia,” sambung Anang Hermansyah.

“Jadi gue syok. Tapi katanya bukan karena keplesetnya juga sih. Tapi memang kandungannya lemah,” ujar Ashanty menimpali.

Namun wanita 35 tahun itu ternyata salah memprediksi. Setelah mengalami keguguran ke tiga dan berobat ke Singapura, Ashanty baru tahu jika kegugurannya disebabkan oleh gangguan kekentalan darah.

“Yang ke tiga, aku bukannya mau mengucilkan siapa-siapa. Ternyata aku hamil pertama, kedua, itu kegugurannya karena aku punya kekentalan darah dan nggak ada yang tahu,” kata pelantun Kesakitanku itu. “Nggak ada yang tahu (soal penyakitnya Ashanty) di Indonesia,” ujar Anang.

|Baca juga: Pamer Potret Jadul Hasil Jepretan Mantan, Ashanty Sukses Bikin Heboh!

Bahkan saat hamil ke empat, yakni mengandung Arsy yang kini sudah berumur lima tahun, Ashanty juga sempat mengalami pendarahan. Mengetahui itu, Ashanty pun kukuh untuk pergi ke Singapura demi mempertahankan kandungannya.

“Jadi lagi hamil Arsy, ini keajaiban Allah menurut aku. Hamil dua bulan aku pendarahan terus ke dokter, dokter bilang kayaknya bayinya emang nggak berkembang lagi,” ungkap Ashanty.

“Aku bilang ‘Dok, segampang itu ya, dok?’ dijawab ‘Soalnya ini udah lemah banget.’ Aku nggak tahu, mungkin seorang ibu ya, jadi waktu itu aku berangkat ke Singapura, sampai sana aku diseriusin, jadilah anak itu,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here