Lagi Jadi Tren, Ini Face Oil yang Cocok untuk Jenis Kulitmu

0
face-oil-sesuai-jenis-kulit-berminyak-kering-acne-prone-berjerawat-sensitif
Foto: L'Oreal Paris

Face oil kini juga jadi salah satu jenis skincare yang sedang tren dan digandrungi banyak perempuan. Apalagi face oil adalah skincare alami, sehingga aman digunakan. Masalahnya, mengoleskan minyak pada wajah terdengar seperti sebuah ide buruk.

Apalagi bagi orang-orang yang memiliki wajah berminyak. Sehingga selama ini, face oil hanya digunakan oleh mereka yang kulit wajahnya kering. Padahal, face oil bukan hanya untuk kulit berminyak.

Tapi, ada beberapa jenis yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Kuncinya harus tahu bagaimana cara memilih face oil yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Ini dia beberapa face oil yang tepat sesuai jenis kulit kalian. Let’s check this out! 

1. Kulit Berminyak

minyak-jojob-amanfaat
Jojoba Oil bagus untuk wajah berminyak. Foto: NDTV

Face oil bisa mengontrol produksi sebum di wajah. Ada beberapa face oil yang bisa dipilih untuk kalian yang memiliki wajah berminyak. Pilihlah face oil yang memiliki tekstur ringan, dan gunakanlah setelah mengaplikasikan pelembap. Sehingga face oil bisa mengunci kelembaban pada kulit wajah.

Jojoba oil jadi salah satu pilihan terbaik untuk kulit wajah berminyak. Minyak ini memiliki tekstur yang begitu ringan dan non comedogenic (tidak menyumbat pori dan menyebabkan komedo). 

| Baca juga: Kesalahan Penggunaan Cleansing Brush yang Jadi Mimpi Buruk Kulitmu

Dilansir dari Healthlineminyak ini juga memiliki fungsi untuk mengontrol produksi sebum. Hal ini disebabkan karena jojoba oil begitu mirip dengan sebum yang diproduksi secara alami oleh tubuh, sehingga tubuh akan memberikan sinyal untuk tidak memproduksi minyak tambahan. 

Grapeseed oil memiliki kandungan anti-bakteri yang tinggi. Teksturnya yang sedikit lebih ringan dari jojoba oil membuatnya cocok digunakan untuk kulit berminyak. 

Kandungan anti-bakterinya ini juga bisa mencegah timbulnya jerawat yang sering dialami oleh mereka yang memiliki kulit wajah berminyak.

2. Kulit Kering

minyak-almond-manfaat
Minyak almond untuk kulit kering. Foto: India.com

Face oil yang memiliki kandungan oleaic acide jadi pilihan tepat untuk kulit kering. Oleaic acid adalah asam lemak yang membantu menjaga kondisi kulit, termasuk mengunci kelembaban, menjaga kulit agar terhidrasi dan mengurangi iritasi karena kekeringan. 

Campur tiga hingga lima tetes face oil pada pelembap di malam hari, lalu aplikasikan pada wajah dan leher. Kalian juga bisa menggunakan face oil sebelum pelembap, sehingga mencegah kulit dari kekeringan. 

Almond oil sudah terkenal manfaatnya untuk merawat kulit kering termasuk penderita eczema dan psoriasis. Memiliki kandungan vitamin E yang tinggi, minyak almond bisa membantu menyamarkan bekas luka di kulit. 

Marula oil bisa jadi pelembap yang efektif untuk kulit yang kering. Minyak ini memiliki manfaat untuk menghaluskan dan menyamarkan kerutan di wajah, serta membuat kulit tetap terhidrasi dan ternutrisi dengan baik. 

3. Kulit yang Rentan Berjerawat

manfaat-rosehip-oil
Rosehip oil untuk kulit acne-prone. Foto: Dose of Selina

Memiliki kulit rentan berjerawat alias acne prone memang harus super hati-hati dalam memilih produk. Karena jika salah, kulit bisa menjadi lebih berminyak ataupun super kering, sehingga membuat jerawat malah tumbuh subur. 

Nah, ada beberapa face oil yang cocok untuk kamu yang memiliki kulit rawan berjerawat. Namun, jika kalian masih ragu, coba aplikasikan face oil di area yang paling rawan berjerawat saja. Lakukan metode ini selama satu minggu dan lihat hasilnya. Aplikasikan face oil setelah pelembap, sama seperti pada kulit berminyak. 

| Baca juga: Tips Racik 3 Skincare Homemade Super Ampuh Ala Marshanda

Rosehip oil memiliki kandungan zat anti-inflamasi, sehingga bisa meredakan jerawat yang sedang meradang. Kandungan vitamin A dan C yang tinggi juga bisa memudarkan bekas jerawat di wajah.

Pomegranate oil memiliki zat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang bisa membunuh bakteri sekaligus menenangkan jerawat. Minyak ini juga bisa membantu meratakan tekstru kulit yang rusak akibat jerawat.

4. Kulit Normal

argan-oil-untuk-kulit-normal
Foto: Gentleman Rebellion

Dilansir dari Marie Clairekulit normal adalah kondisi kulit yang tidak terlalu kering, tidak mengalami breakouts, dan tidak sensitif. Hal ini berarti kalian bisa memakai face oil dasar tanpa khawatir pori-pori tersumbat, iritasi atau wajah jadi kering. 

Untuk pemakaiannya, coba campurkan dua hingga tiga tetes face oil ke dalam krim malam. Lalu aplikasikan di seluruh wajah dan leher. Oiya jangan pernah campurkan face oil dengan krim SPF ya, demi menghindari pengurangan manfaat dari sunscreen kalian.

Minyak argan jadi satu-satunya face oil yang dibutuhkan oleh pemilik kulit wajah normal. Memiliki kandungan vitamin E yang tinggi, memberikan manfaat untuk mencegah kerusakan pada kulit. Termasuk menyamarkan garis-garis halus, bintik hitam dan melindungi kulit dari pengaruh lingkungan. 

5. Kulit Sensitif

manfaat-minyak-lidah-buaya
Foto: Aloe Vera News

Untuk kalian yang memiliki kulit sensitif, pilihlah face oil yang berfungsi untuk menenangkan dan menutrisi. Dan hindarilah minyak esensial seperti lavender, peppermint ataupun mawar. 

Sebelum mengaplikasikan minyak pada kulit wajah, coba dulu untuk mengoleskan di bagian bawah telinga dan tunggu reaksinya selama 24 jam. Jika tidak terjadi iritasi, kalian bisa mengaplikasikannya sebagai langkah terakhir penggunaan skincare, baik di pagi maupun di malam hari.

Baca juga: 6 Hal Tentang Tabir Surya yang Ternyata Hanya Mitos!

Moringa oil atau minyak kelor ini memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi melindungi kulit dari radikal bebas. Minyak ini juga mengandung asam lemak yang membantu memperbaiki lapisan kulit yang kering dan rusak, serta kandungan antii-inflamasi untuk menenangkan kulit yang teriritasi.

Minyak lidah buaya juga kaya akan kandungan zat anti-inflamasi dan antioksidan. Minyak ini juga mengandung anti-bakteri dan astringent natural, yang bisa jdi senjata jitu bukan hanya untuk kulit sensitif tapi juga kulit berminyak ataupun yang rawan berjerawat. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here