Sebelum Mudik Perhatikan 5 Tips Ini Agar Tetap Fit di Perjalanan

0
42
Tips mudik
Foto: Net

Pulang kampung untuk mengunjungi orangtua, serta sanak saudara saat Hari Raya Idul Fitri, adalah momen yang paling dinanti oleh umat Islam di Indonesia.

Bagi mereka yang memiliki kampung halaman yang cukup jauh, tentunya membutuhkan persiapan khusus. Jika tidak, bisa jadi nyawa kita dan keluarga jadi taruhannya, saat melakukan perjalanan mudik.

Baca juga: 4 Tips Packing Mudik Khusus Untuk Perempuan

Maka dari itu, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Dinkes Jatim) mempunyai tips sehat mudik Lebaran.

“MUDIK itu kan aslinya singkatan,” kata Kepala Dinkes Jatim Dr. Kohar Hari Santoso, dr., SpAn., KIC., KAP. saat ditemui di kantornya, Selasa (21/5).

Kohar pun melanjutkan kepanjangan dari kata MUDIK, yaitu Membawa bekal yang cukup, termasuk obat-obatan yang diminum. Upayakan pada kondisi prima, pengemudi dan kendaraannya. Datanglah ke fasilitas kesehatan atau pos kesehatan, ketika mengeluhkan sakit. Istirahatlah 15 menit setiap mengemudi dua jam. Kelola emosi ketika mengemudi.

Tips mudik
Foto: Basu Seno/Nyata

Mudik Lebaran kali ini, Dinkes Jatim menyiapkan 1.584 fasilitas kesehatan di sepanjang jalur utama mudik di Jatim.

“Fasilitas kesehatan itu berupa pos kesehatan, klinik, puskesmas, rumah sakit. Setiap pos kesehatan tersedia satu ambulans, satu dokter dan dua perawat,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Jatim, dr. Dian Islami, M.Kes., saat ditemui dalam kesempatan yang sama.

Baca juga: Hipertensi Jadi Momok Utama Selama Mudik Lebaran

Selain itu, Dinkes Jatim telah menyediakan Public Service Center (PSC) yang dikhususkan untuk kondisi gawat darurat.

“Saat ini PSC sudah dapat diakses di 25 kabupatan dan kota di Jatim. Cukup dengan menghubungi 119 bila terjadi kondisi kegawat daruratan pada saat menempuh perjalanan mudik. Nanti pelayan kesehatan akan menjemput di lokasi,” ujar Kasi Pelayanan Kesehatan Rujukan, dr. Ninis Herlina Kirana Sari. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here