Tangkal Penuaan Dini dengan Cara Pijat dan Herbal

0
118
Foto: Pixabay

Bertambahnya usia dan penuaan berjalan seiring. Setiap orang perlu menyadari keadaan tersebut, sehingga dapat menjalaninya tanpa rasa khawatir maupun takut. Dengan sikap seperti itu, maka setiap orang dapat mengendalikan proses penuaan.

Penyebab utama penuaan adalah umur sel tubuh yang makin pendek. Berkurangnya usia sel, menyebabkan perubahan keadaan lapisan sel kulit jadi lebih tipis, lebih kering, dan kurang elastis.

Terlebih pada orang dengan pola hidup tidak sehat, akan mengalami perubahan itu semakin cepat, karena pertumbuh an sel baru yang melambat.

Secara fisik penuaan dapat terlihat jelas ditandai dengan terbentuknya kerutan wajah, terutama di kening, area sekitar mata dan mulut. Sebenarnya kerutan wajah sudah ada sejak usia dewasa, akan sema kin jelas seiring bertambahnya usia.

Perubahan fisik akibat penuaan juga ditandai dengan berpindahnya lemak ke bagian bawah wajah, gangguan kelancaran sirkulasi darah dan cairan. Selain itu, ada kemungkinan penyembuhan luka yang memerlukan waktu lebih lama.

Sebenarnya ada dua cara untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu perawatan dari dalam dan dari luar.

Dari dalam tentu dengan makanan dan minuman kaya antioksidan, yang berfungsi menetralkan pengaruh radikal bebas. Karena radikal bebas merupakan perusak sel.

Adapun perawatan luar yang disarankan, yakni pijat dan olahraga wajah. Serta bisa dilengkapi dengan perawatan umum lainya, seperti pembersihan dengan scrub dan masker.

PIJAT

Pemijatan secara teratur mampu mengendalikan laju proses penuaan. Salah satunya pemijatan wajah dapat menjaga kekencangan otot, melancarkan sirkulasi darah dan cairan tubuh. Serta perpindahan lemak menjadi terkendali.

Dalam hal ini bantuan ahli pijat memang diperlukan. Namun alangkah baiknya Anda dapat melakukannya sendiri. Untuk itu coba lakukan dengan menekan titik wajah tertentu secara teratur, dengan menggunakan campuran minyak atsiri dan minyak pembawa.

Adapun jenis minyak atsiri antara lain lavender, clary sage, kamomila, jasmine, patchouli, rose dan tea tree. Sedangkan minyak pembawa yang disarankan, yaitu zaitun, avocado, almond dan hazelnut.

Takaran minyak yang digunakan untuk memijat, yaitu 5-10 tetes minyak atsiri dicampur 10 mililiter minyak pebawa. Sebaiknya pilih satu jenis minyak atsiri saja yang disukai, misalnya lavender yang memiliki bau wangi yang lembut.

Beberapa gerakan dasar pemijatan wajah, yaitu rotasi, spiral dan sliding (meluncur). Pemijatan dilakukan dengan cara menghubungkan satu titik ke titik wajah yang lain.

Di awali dengan cara menekan titik pada wajah bagian atas (kening). Kemudian menekan titik pelipis dan telinga dengan gerakan spiral dan sliding. Dilanjutkan menekan titik tepi hidung, melewati bagian bawah tulang hidung, menuju daerah geraham bawah, dengan gerakan spiral. Pemijatan yang dilakukan sejak remaja mampu mengendalikan proses penuaan.

HERBAL

Masker

Kopi juga dapat digunakan sebagai masker. Karena efektif mengangkat sel kulit mati dan kotoran. Caranya, ambil seperempat cangkir bubuk kopi dan bubuk cokelat, serta setengah cangkir susu.

Campur kopi dan cokelat, tambahkan susu sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga menjadi pasta. oleskan pada wajah yang bersih. Biarkan 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Perawatan Dalam

Buatlah berbagai minuman dari bahan yang mengandung zat antioksidan. Seperti seduhan daun jinten, daun lampes, rimpang jahe, rebusan kunyit dan temulawak yang tidak terlalu kental.

Dianjurkan minum segelas untuk satu jenis seduhan setiap hari. Pastikan Anda juga menerapkan diet kaya serat, termasuk buah-buahan dan sayuran. Serta konsumsi jus buah yang berwarna me rah atau kuning satu gelas setiap hari, seperti to mat, pepaya, apel dan lain-lain.

Tak lupa juga hindari paparan sinar matahari langsung dan perbanyak konsumsi air putih dalam jumlah cu kup, serta rutin berolahraga setiap hari.

Pembersih

Selain memakai sabun pembersih, menggunakan kombinasi havermot dan susu juga cocok untuk membersihkan wajah.

Caranya, haluskan oatmeal mentah (bukan produk instan oatmeal) dengan blender. Ambil setengah cangkir oatmeal yang sudah dihaluskan, campur dengan susu bubuk. Tambahkan air hangat, aduk hingga menjadi pasta yang tidak terlalu kental.

Lanjutkan dengan membuat susu pembersih. Caranya, campur seperempat susu berlemak, dengan setengah cangkir air, serta dua sendok makan soda kue dan satu putih telur.

Kocok putih telur sampai homogeny, lalu tambahkan susu dan larutan soda kue dalam air, kemudian simpan di lemari es.

Sebelum bahan tersebut diaplikasikan ke wajah. Terlebih dahulu bersihkan kulit wajah dari sisa kosmetik menggunakan minyak zaitun secukupnya. Buang sisa minyak di wajah dengan tissue yang lembut.

Setelah itu, oleskan bahan tersebut, di wajah dan leher sambil dipijat ringan, kemudian biarkan 15 menit sebelum dibilas air hangat. Soda kue membantu membuang kotoran. Susu dan putih telur memberikan nutrisi. Susu pembersih buatan sendiri ini sangat cocok untuk kulit sensitif. (*)


Artikel diasuh oleh:
Prof Dr Mangestuti Agil
Fakultas Farmasi Universitas Airlangga