Billy Porter Lempar Protes dengan Gaun Bentuk Rahim di Tony Awards

0
2522
gaya gaun bentuk rahim billy porter di tony awards 2019
Foto: The Sun Best

Tampil dengan gaun tuxedo hitam di Oscars, hingga jadi Dewa Matahari di Met Gala, menjadi gaya Billy Porter yang tak akan terlupakan. Dan di ajang Tony Awards, Minggu (9/6) kemarin, Billy kembali jadi pusat perhatian dengan gaun berbentuk rahim.

Kali ini, aktor yang bermain dalam serial tv Pose (2018) tersebut mengenakan outfit merah, keluaran Celestino Couture. Busana tersebut dihiasi dengan lebih dari 30.000 kristal Swarovski. 

Uniknya, gaun tersebut dibuat dari tirai backdrop, dari produksi drama musikal Kinky Boots. Drama yang mengantarkan Billy menjadi pemenang Tony Awards kategori aktor terbaik, pada tahun 2013. 

gaya-billy-porter-di-tony-awards-2019-uterus-rahim
Foto: Celestino Couture/Dimitrios Kambouris/Getty Images/Hollywood Reporter

Baca juga: Layaknya Raja Mesir, Aksi Billy Porter di Met Gala Bikin Speechless

Tak hanya itu, ternyata ada pesan khusus yang ingin disampaikan Billy dengan memakai gaun tersebut. 

“Saat fitting, kami berdiskusi ingin membuat gaun dengan bentuk rahim, tapi tidak dengan jelas tentunya. Dan kupikir itu adalah ide bagus karena sekarang hak perempuan tengah diserang. Aku adalah pembela semua yang haknya sedang diserang. Tidak ada satupun dari kita yang bebas, sampai semuanya bebas,” kata Billy dalam wawancaranya bersama Hollywood Reporter

Baca juga: Tetap Sederhana, Anak Kate Middleton 5 Kali Terciduk Pakai Outfit Bekas

Protes ini disampaikan setelah kebijakan pelarangan aborsi di negara bagian Alabama, Amerika Serikat diresmikan. Bukan hanya Billy, kebijakan ini juga mendulang protes warga AS serta para aktivis hak perempuan. 

“Aku ingin memastikan mendukung mereka yang haknya diserang, sehingga kita punya kekuatan saat kita bersatu. Pemerintah mencoba merebut hak perempuan untuk bebas memilih. Ini tidak bisa diterima. Tidak!” tambahnya. (*)