Cara Mudah Merawat Sneakers Putih Agar Awet Maksimal

0
430
Foto: Pinterest

Sneakers putih makin digandrungi kaum perempuan untuk tampil trendi. Tidak hanya dipasangkan dengan celana panjang, tapi juga rok dan dress.

Masalahnya, sneakers putih sangat mudah kotor, dan perawatan yang tidak tepat akan membuatnya rusak. Agar itu tidak terjadi, rawat sneakers putihmu sesuai bahannya seperti berikut ini:

KANVAS

Gunakan sikat sepatu yang bersih dan kering untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di permukaan sepatu.

Untuk beberapa sepatu kanvas, seperti merek Vans, noda atau kotoran bisa saja menempel cukup kuat. Untuk menghilangkannya, kamu bisa menggunakan sikat lembut yang dicelupkan ke dalam deterjen ringan untuk membersihkan noda.

Setelah kotoran dan noda-noda tersebut bersih, semprotkan cairan pelindung pada permukaan (pelindung kain). Sebelum menyemprot, uji dulu cairan tersebut pada sebagian kecil sepatu untuk melihat apakah akan meninggalkan noda atau tidak.

KARET

Sneakers dari karet lebih mudah kotor ketimbang dari bahan lain. Untuk membersihkannya, lakukan cara berikut:

  • Bungkus jari tengah dengan kain yang sudah dibasahi. Kemudian gunakan untuk membersihkan kotoran dan lumpur yang menempel di sepatu.
  • Siapkan air dalam wadah, tambahkan sedikit sabun atau deterjen. Celupkan jari yang sudah dibungkus kain ke dalam cairan tersebut. Lanjutkan dengan menggosok permukaan sepatu menggunakan sikat yang sudah dicelupkan ke dalam cairan sabun atau deterjen.
  • Bilas sepatu hingga bersih.

KULIT

  • Ambil kain lembut, gunakan untuk membersikan debu dan kotoran yang menempel di permukaan sepatu. Kemudian bersihkan tali sepatu.
  • Isi ember dengan air hangat, tambahkan sabun, deterjen, atau sabun cuci tangan biasa.
  • Celupkan sikat gigi ke dalam campuran tersebut. Gosokkan pada setiap bagian sepatu. Lakukan dengan lembut, karena bahan dari kulit sangat rapuh, sehingga mudah retak-retak. Bila ada goresan, coba hilangkan dengan sikat nilon.
  • Bilas dengan air hangat hingga bersih, baik di bagian dalam maupun luar (permukaan) sepatu.
  • Serap air dengan handuk kertas untuk mempercepat proses pengeringan. Bila sudah terlalu basah, ganti kertas dengan yang baru.
  • Keringkan dengan menggantung sepatu sampai benar-benar kering. Tapi jangan digantung di bawah terik sinar matahari langsung.

SUEDE

Sneakers putih yang dibuat dari bahan suede membutuhkan perawatan yang lebih detail ketimbang bahan lain. Berikut ini caranya:

  • Bersihkan sepatu dari debu dan kotoran dengan sikat khusus sepatu suede. Pastikan menyikat dalam satu arah. Jangan bolak-balik agar suede tidak rusak. Bila ada kotoran yang keras atau membandel, gunakan pisau untuk menggosok secara perlahan.
  • Untuk menghilangkan noda gores, gunakan sikat khusus sepatu suede dengan gerakan bolak-balik.
  • Untuk menghilangkan noda air yang bisa memudarkan warna suede, aplikasikan sedikit air dengan sikat kuku. Gunakan spons atau lap kering untuk menyerap kelebihan air. Keringkan sepatu semalaman, dengan cara diangin-anginkan.
  • Masukkan shoe tree atau gumpalan kertas ke dalam sepatu untuk menjaga bentuk sepatu tetap bagus.
  • Semprotkan pelindung sepatu suede.
Foto: Net

YANG HARUS DIPERHATIKAN!

Selain memerhatikan bahannya, ada beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan agar sneakers kesayanganmu tetap awet. Berikut ini di antaranya:

Mesin Cuci

Sebaiknya jangan mencuci sneakers menggunakan mesin cuci. Putraran mesin cuci terlalu kasar, sehingga membuat sepatu mudah rusak, seperti terkoyak atau lemnya lepas.

Tali Sepatu

Lepas tali sepatu, kemudian cuci menggunakan air hangat dan sabun lembut. Setelah itu biarkan kering di udara terbuka.

Noda Minyak

Bila sepatu terkena noda minyak, kamu bisa mencuci menggunakan sampo lembut dan air hangat. Gunakan sikat gigi, celupkan ke dalam campuran tersebut, kemudian gunakan area sepatu yang terkena minyak.

Pakai Kertas

Setelah dicuci, serap air dengan kertas (jangan kertas koran atau yang ada tintanya) untuk mempercepat proses pengeringan.

Diangin-angin

Jangan menjemur sneakers putih di bawah terik matahari, karena akan membuatnya cepat pudar. Sebaiknya angin-anginkan saja di tempat teduh.
Begitu pun ketika kering dan tidak sedang dipakai, sebaiknya simpan di tempat sejuk.

Pakai Pemutih

Pemutih dapat digunakan, tapi sebaiknya diencerkan dulu. Ini penting agar tidak meninggalkan noda kuning pada sneakers kesayangan.

Caranya, campur satu bagian pemutih dengan lima bagian air. Celupkan sikat gigi ke dalam larutan pemutih yang sudah diencerkan tersebut, kemudian gosokkan secara lembut pada sneakers putih. Bilas dengan air hangat. (*)