5 Manfaat Kopi yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

0
1893
Kopi

Ada yang beranggapan, bahwa kopi dampak buruk bagi tubuh. Ternyata hal itu salah. Zat kafein yang terdapat dalam kopi, memiliki manfaat bagi tubuh.

Meski kopi memiliki beberapa manfaat, namun dengan mengkonsumsi terlalu banyak kopi, tentu akan memiliki efek samping. Untuk itu, kita bisa membatasi jumlah asupan kopi yang bisa kita minum tiap hari. Dan tentunya tanpa gula.

Berikut 5 manfaat kopi yang mungkin belum pernah kita ketahui sebelumnya.

1. Untuk menguruskan badan

Manfaat kopi yang cukup mengagetkan adalah bisa dijadikan program diet! Zat kafein ada didalamnya, berkasiat untuk membakar lemak dalam tubuh. Dari berbagai penelitian, dengan mengkonsumsi kopi, kita mampu menambah metabolisme tubuh sebesar 3 hingga 11%.

Studi lain mengatakan, bahwa kafein mampu membantu pembakaran lemak hingga 10% bagi penderita obesitas. Zat ini biasanya juga terkandung dalam produk-produk pelangsing.

2. Mampu meningkatkan energi

Manfaat lainnya adalah mampu meningkatkan epinephrine (kadar adrenalin) dalam darah, yang membuat tubuh menjadi lebih bertenaga. Masih berhubungan dengan memecah lemak, kafein dalam kopi mampu mengubah lemak yang dipecah menjadi energi untuk tubuh bergerak.

3. Meningkatkan kinerja otak dan penghilang depresi

Setelah kita meminumnya, kafein akan diserap darah lalu dibawa sampai ke otak. Di sana, zat ini akan mempengaruhi berbagai fungsi otak. Misalnya saja meningkatkan memori, energi, suasana hati, hingga reaksi dan fungsi umum kognitif.

4. Mampu mencegah parkinson

Menurut penelitian, kafein di dalam kopi mampu menjadi penghambat penyakit parkinson. Bahkan peneliti mengatakan, kafein mampu mencegah 32 – 60% penyakit yang menyerang otak tersebut.

5. Kaya akan nutrisi

Mungkin kita tidak sadar bahwa secangkir kopi ternyata memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Ternyata dalam biji kopi, memiliki kandungan nutrisi seperti Riboflavin (vitamin B2), Asam Pantotenat (vitamin B5), Mangan dan Kalium, Magnesium, dan Niacin (vitamin B3). (*/rez)