13 Manfaat Kurma yang Pasti Tidak Anda Duga

Buah yang satu ini, identik dengan bulan puasa. Tahukah kamu? Dibalik rasanya yang manis, kurma memiliki segudang manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Lalu apa saja manfaat kurma?

1MENCEGAH ANEMIA

Mengandung zat besi dan vitamin B kompleks, yang diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan sel darah merah, sehingga mencegah anemia.

2MENGATASI SEMBELIT

Adalah pencahar alami. Sehingga baik untuk dikonsumsi saatterkena sembelit. Kandungan asam amino dan serat larut di dalamnya, bermanfaat untuk meningkatkan kinerja sistem pencernaan, dan melancarkan proses pembuangan.

3MENJAGA KESEHATAN TULANG

Mengandung mineral selenium, mangan, tembaga dan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga dan mempertahankan kekuatan tulang. Sehingga mencegah terjadinya osteoporosis.

4AMAN DIKONSUMSI OLEH DIABETIK

Meski manis, namun tidak membuat kadar gula darah meningkat. Kadar gula dalam kurma berasal dari fruktosa dan glukosa. Mudah diserap oleh tubuh, dicerna secara perlahan dan bertahap, sehingga kadar gula tidak melonjak secara drastis ketika mengonsumsinya.

5MENCEGAH KANKER PERUT

Kadar polyphenol-nya sangat tinggi dibandingkan dengan buah dan sayur lainnya. Bersama vitamin B6 dan serat, menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sehingga mengonsumsi kurma secara rutin, dapat mencegah terjadinya kanker perut.

6MEMPERTAHANKAN KESEHATAN SISTEM SARAF

Mengandung sejumlah vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sistem saraf. Juga mengandung kalium, yang bermanfaat meningkatkan kecepatan berfikir dan daya ingat otak.

7MENJAGA KESEHATAN JANTUNG

Kurma tidak mengandung kolesterol, dan kandungan lemaknya sangat rendah. Kaya akan mineral kalium yang bermanfaat dalam menurunkan risiko terkena stroke, serangan jantung dan penyakit jantung, dengan cara menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh.

8MENCEGAH ALERGI

Mengandung sulfur organik yang jarang ditemukan dalam makanan lainnya. Sulfur organik ini mempunyai beberapa manfaat kesehatan, salah satunya mengurangi reaksi alergi pada penderita rhinitis alergi musiman.

9MENJAGA KESEHATAN GIGI

Mengandung fluor, salah satu unsur kimia penting yang menghambat kerusakan gigi dengan menghilangkan plak dan memperkuat enamel gigi yang terbuat dari hydroxypatite.

10AFRODISIAK ALAMI

Kurma dapat meningkatkan stamina seksual. Mengandung estradiol dan flavonoid cukup tinggi, yang dapat meningkatkan jumlah sperma dan kualitasnya. Juga mengandung zinc yang mampu meningkatkan produksi hormon testosterone untuk kebugaran pria.

11BAIK UNTUK IBU HAMIL

Zat besinya mencegah anemia. Selain itu, mengandung senyawa yang berfungsi sama seperti hormon oksitosin yang bermanfaat memperlancar persalinan dan keluarnya ASI.

12JAGA KESEHATAN KULIT DAN MENCEGAH PENUAAN DINI

Mengandung vitamin C dan flavonoid yang bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit dan menutrisi jaringan subkutan. Sehingga kulit menjadi lembut dan halus.

Kandungan anti oksidannya, bekerja efektif dalam menangkal radikal bebas sehingga mencegah penuaan dini.

13MENJAGA KESEHATAN RAMBUT

Mengandung vitamin B5 yang diperlukan untuk pemeliharaan rambut sehat. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan masalah pada rambut seperti rontok, rapuh dan bercabang.

Luar biasa sekali bukan buah yang satu ini? Kadang kita lupa, kalau sesuatu yang dari alam itu bisa sangat berkhasiat. Karena itu, jangan ragu untuk mengkonsumsi buah yang memiliki nama spesies dactylifera ini. Berasal dari bahasa Yunani kuno, dan bagian dari kata kerja Latin yang artinya, “Saya memberi”. (*/rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here