Demi Bersahabat dengan Alam, Ratusan Bocah Rela Jadi Petualang

0
118
si-bolang-trans-7
Foto: Dewi/Nyata

Pagi hari ini, halaman lobi Gedung Trans di Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, diserbu ratusan anak-anak, Sabtu (30/6). Mereka berkumpul dan berbaris rapi dalam lima kelompok warna, merah, biru, orange, hijau tua dan hijau muda.

Setiap warna diisi oleh 50 anak-anak. Total keseluruhan, ada 250 anak berusia 7-12 tahun dari seluruh daerah di Indonesia, yang ikut acara Jambore Si Bolang (Jambolang) Trans 7 2018. Selama dua hari lamanya, mereka akan berpetualang dan berkemah di alam terbuka di Gunung Geulis Camp Area, Bogor, Jawa Barat.

Foto: Dewi/Nyata

Baca juga: Pamer Perut Buncitnya, Usia Kandungan Putri Marino Dipertanyakan

Acara tahunan bertepatan dengan waktu liburan sekolah ini, jadi acara rutin Trans 7, mengajak anak-anak berpetualang dengan Si Bolang. Tampak dari raut wajah anak-anak yang sudah tak sabar ingin segera berangkat ke lokasi perkemahan.

Agar lebih mendalami peran sebagai Bolang, para peserta akan dibekali Bolang kit berupa topi, tas dan slayer yang harus dipakai saat acara berlangsung. Selain berkemah, acara Jambolang selama dua hari satu malam ini, akan dipadati dengan berbagai kegiatan seru.

Baca juga: Terkenal Horor, Rumah Raditya Dika Ternyata Mewah Banget

Ada tiga zona yaitu, zona aktif, cerdas dan menghibur yang terdiri dari 7 pos yang tersebar di area perkemahan. Di masing-masing pos, para peserta akan diberi tantangan secara berkelompok. Untuk kelompok yang berhasil menyelesaikan tantangan tersebut, akan diberikan poin untuk mendapatkan alat pancing tradisional.

Setelah mereka berhasil mendapatkan alat pancing tradisional, para peserta akan diajak menangkap ikan. Hasil tangkapan yang didapat oleh peserta, akan langsung diolah kemudian dimakan secara bersamaan saat acara barbeque yang dilaksanakan malam harinya.

Foto: Dewi/Nyata

Tidak hanya itu, seluruh peserta akan berkumpul didepan api unggun untuk melakukan berbagai kegiatan seperti, menonton layar tancap alam program Si Bolang pada episode “Lindungi  Satwa Ku, Subur Bumi Ku”, kegiatan ini bekerjasama dengan Bioskop Keliling (Bioling) Kemendikbud.

Pada hari kedua, para peserta akan diberikan permainan tradisional berupa gasing. Mereka akan diajarkan bagaimana cara membuat gasing, dan bagaimana awal mula permainan tradisional ini dibuat. Pada kesempatan kali ini, TRANS7 bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia akan mengenalkan permainan tradisional.

Baca juga: Imutnya Alaia Moana, Anak Marissa Nasution yang Bule Banget

Selain itu, peserta juga akan berinteraksi langsung, dan mengetahui informasi lebih dalam lagi tentang kehidupan satwa. TRANS7 mengundang Komunitas Indo Exotic Reptil dan Komunitas Otter Indonesia, untuk memperkenalkan reptil seperti Ball Phyton, Retic Platinum, Blue Tongue Skink, Biawak dan Otter. Wah serunya. *why/rez