Suguhkan Cerita yang Tak Biasa, Pertunjukan Going Home Tuai Pujian

0
410
Foto: Hafidz/Nyata

Sebanyak 25 mahasiswa program English for Creative Industry (ECI) Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya, menggelar pertunjukan Going Home pada Jumat (8/6) petang lalu. Lebih dari 60 orang penonton memadati Aula Petra Little Theater (PLT), untuk menyaksikan pertunjukan yang ditulis oleh salah satu mahasiswi ECI UK Petra angkatan 2015, Dita Berlian.

Disutradarai oleh Janice Giselle, Going Home bercerita tentang hubungan ibu dan anak, Suryani dan Renata yang berjalan hampir selalu tidak harmonis. Terutama setelah suatu malam, Suryani bermimpi bahwa ia akan ‘kembali’ ke rumah Tuhan dalam tiga hari. Karena mimpi tersebut, Suryani yang merupakan seorang single parent, ingin Renata berhenti jadi atheis.

Baca juga: Lucunya Joe Taslim Berjoget Kekinian Bersama Anak

Membuat Renata untuk percaya Tuhan ternyata bukanlah hal yang mudah. Demi melancarkan misi tersebut, Suryani turut melibatkan seorang teman Renata (Elizabeth) dan salah satu kerabat dekatnya (Hadi). Namun, semua upaya yang dilakukan ternyata, berujung dengan tragedi perampokan.

Siapa sangka, tragedi tersebut membawa berkah, sehingga bisa membuat Renata kembali percaya Tuhan, dan mau untuk pergi ke gereja. Ia pun mengajak sang ibu untuk pergi beribadah bersama.

This slideshow requires JavaScript.

Usut punya usut, makna ‘kembali’ ke rumah Tuhan pada mimpi Suryani, ternyata dikarenakan ia akan kembali beribadah ke gereja setelah sekian lama tidak mengunjunginya. Akhirnya, kekhawatiran akan kematian pun pudar, dan kisah mereka berujung bahagia.

Baca juga: 7 Potret Harmonis Keluarga Becky Tumewu yang Jarang Terekspos

Naskah pertunjukan ini terinspirasi dari pengalaman Dita, ketika bertemu dengan orang-orang yang memiliki jabatan tinggi di sebuah komunitas agama. Ternyata, walaupun memiliki jabatan tinggi, mereka  masih sering melanggar ajaran agama yang mereka anut.

Crew Petra Little Theatre ketika pertunjukan telah usai. Foto: Hafidz/Nyata

“Dari situ, timbul berbagai pertanyaan di diri saya, Apa arti sebuah agama? Apakah semua orang beragama itu benar-benar baik di mata masyarakat? Saya ingin, masyarakat juga ikut mempertanyakan pertanyaan tersebut, dan merefleksikan di kehidupan mereka masing-masing,” ucap Dita.

Seluruh crew Petra Little Theater berfoto bersama beberapa penonton, rektor terdahulu, dan Direktur Tabloid Nyata, Ibu Nani Wijaya.

Ia juga mengaku kesulitan saat menulis tentang tokoh Renata. “Kesusahan sih kayaknya membentuk karakter Renata, soalnya aku jarang ketemu sama orang atheis. Akhirnya aku coba memposisikan diriku sebagai orang atheis,” ujar perempuan kelahiran 1997 tersebut.

Siapa sangka, Going Home merupakan pementasan pertama Dita sebagai penulis naskah. Dengan segala macam riset dan revisi selama 6 bulan, Dita dan seluruh panitia berhasil hadirkan pertunjukan yang ringan namun bisa menyentuh hati setiap penonton.

Baca juga: Dimas dan Nadine Tak Henti Berpelukan Mesra di Video Terbarunya

Gabriela Lika Inga Moekoe, pemeran Renata Perdana, mengungkap bahwa proses latihan untuk pertunjukan ini, banyak mengalami perubahan sana-sini.

“Dari awal saya membaca naskah memang karakternya sudah terlihat sarkastik dan suka bercanda, lalu sempat diarahkan menjadi karakter yang lebih pemarah, tapi ternyata diarahkan kembali seperti image awal yang usil dan suka bercanda,” ujar mahasiswi semester 4 program ECI tersebut.

Gabriela juga mengatakan bahwa, dengan memerankan sosok Renata, ia menjadi sadar akan betapa dalamnya luka yang disimpan oleh anak-anak, yang tumbuh hanya dengan satu orang tua (single parent).

Beberapa penonton berpose di depan photobooth seusai pertunjukan. Foto: Hafidz/Nyata

Sarat akan makna, pertunjukan teater ini memang bertujuan untuk mengedukasi publik melalui karya-karya mahasiswa UK Petra yang fresh dan berkualitas. Petra Little Theater mengedepankan artistik, profesional, kolaborasi, perbedaan, serta edukasi sebagai nilai-nilai yang diusung dalam pertunjukan.

Sebelumnya, Petra Little Theater sudah pernah menggelar lima pertunjukan yaitu Evita, Congratulations You Got the Job!, Mother How Are You Today?, Listen to Me, dan Customer is King.