5 Fakta Ayah Michael Jackson yang Terkenal Bertangan Besi

0
143
ayah-michael jackson meninggal
Foto: People

Berita duka datang dari industri hiburan Amerika Serikat. Joe Jackson, Ayah Michael Jackson meninggal dunia di usia 89 tahun, Selasa (26/6) kemarin.

Ayah 11 anak ini, diketahui telah menderita kanker pankreas stadium lanjut. Sebelum itu, Joe juga dikabarkan terserang stroke dan serangan jantung, di Sao Paulo pada tahun 2015 lalu.

Berita kematiannya ini memang mengejutkan banyak pihak. Terlebih selama hidupnya, Joe selalu mendulang kontroversi. Dia terkenal dengan sikapnya yang kasar dan bertangan besi.

Berikut adalah fakta-fakta tentang Joe Jackson, yang telah berhasil dirangkum.

1. Mantan petinju

Joseph Walter Jackson lahir pada 26 Juli 1928 di Fountain Hill, Arkansas. Anak pertama dari lima bersaudara ini, sempat menjadi petinju di ajang Golden Gloves Global. Kompetisi tinju amatir tahunan yang diadakan di Amerika Serikat. Setelah itu dia bekerja di perusahaan Inland Steel, sebagai operator crane.

Baca juga: Sepatu Moonwalk Legendaris Michael Jackson Dilelang

2. Pendiri Jackson 5

The Jackson 5 (dari kiri) Tito, Jackie, Michael, Jermaine and Marlon Jackson. Foto: Fin Costello/Redferns/The Guardian

Joe membentuk grup yang bernama The Jackson Brother pada awal 60-an. Pada awalnya, dia menempatkan 3 anak tertuanya sebagai anggota utama, yaitu Jackie, Tito dan Jermaine. Keberadaan Marlon dan Michael menambah jumlah vokal dalam grup ini, sehingga namanya berubah menjadi Jackson 5.

Setelah beberapa tahun tampil di kontes pencarian bakat, Joe berhasil membuat mereka tampil di Apollo Theater di Harlem, New York. Grup ini berhasil menandatangani kontrak profesional pertamanya, pada 21 November 1967, bersama dengan presiden Steeltown Records, Gordon Keith.

Lagu pertama mereka dirilis pada 31 Januari 1968, dengan judul Big Boy. Michael Jackson berperan sebagai penyanyi utamanya.

Baca juga: Mewahnya Rumah Mertua Nia Ramadhani di Beverly Hills

3. Tidak mau dipanggil ayah

Dikutip dari Variety, Joe tidak mau anak-anaknya memanggilnya dengan sebutan ayah. Dia meminta mereka untuk menyebut namanya, “Joseph.”

“Kita tidak bisa mengingat bahwa dia pernah memeluk atau mengatakan I love you,” ujar Jermaine.

4. Memiliki sikap yang keras

ayah-michael jackson
Foto: Fotos International/Getty Images/The Guardian

Untuk membuat anak-anaknya mencapai kesuksesan, Joe dikenal memiliki sikap yang keras. Michael pernah mengatakan, bahwa sang ayah sering menyiksanya secara fisik maupun emosional.

“Dia orang yang sangat ketat dan keras. Dengan tatapannya saja, kalian akan merasa takut. Ada saatnya ketika dia akan datang menemuiku, aku langsung merasa sakit. Dan aku merasa mual,” ungkap Michael saat wawancara bersama dengan Oprah Winfrey tahun 1993 silam.

Baca juga: Rizal Armada Menikah, Begini Suasana Prosesi Ijab Kabulnya

Sikapnya ini membuat Joe sering mendapat cercaan publik. Dia sempat berusaha untuk meredakan rumor ini secara terbuka. Namun, wawancaranya bersama BBC tahun 2003 lalu, menarik perhatian masyarakat.

“Saya mencambuk Michael dengan saklar dan ikat pinggang. Tapi aku tidak pernah memukulnya, karena memukul adalah dengan tongkat,” katanya.

Tak hanya kepada Michael, Joe juga melakukan kekerasan kepada anak-anaknya yang lain. Jackson 5 tidak pernah diperbolehkan untuk bermain bersama anak-anak lain. Mereka berlatih selama 5 jam, sepulang sekolah setiap harinya.

Mereka selalu ketakutan ketika berlatih. Karena saat mereka melakukan gerakan menari yang salah, Joe akan menyuruhnya untuk memotong dahan pohon dan menggunakannya sebagai alat pukul.

Baca juga: Ada di Tempat yang Sama, Ayu Ting Ting dan Raffi Ahmad Jalan Berdua?

5. Suka mem-bully Michael

ayah-michael jackson
Foto: Carl de Souza/AFP/Getty Images/The Guardian

Michael sebagai anggota termuda sekaligus yang paling bertalenta dalam grup tersebut, selalu menerima bully-an dari Joe. Ukuran hidung Michael yang besar, membuat sang ayah memanggilnya sebagai si hidung besar (Big Nose).

Tampaknya, hal ini menghantuinya hingga dewasa. Dia sering menyentuh hidungnya ketika merasa gugup. Raja musik pop itu, juga beberapa kali melakukan prosedur bedah ekstrim. Bahkan, Michael dipaksa untuk memakai hidung prostetik untuk menutupi hasil operasinya itu.