25 Manfaat Garam Bagi Tubuh Kita (Bagian 3)

0
17
Foto: Pixabay

Selain membuat makanan menjadi gurih, mengawetkan makanan dan untuk membersihkan beragam piranti memasak yang berkerak, masih banyak manfaat garam bagi tubuh kita. Apa saja?

17. MENAMBAHKAN VOLUME RAMBUT

Campur garam dan kondisioner dengan jumlah sama. Aduk rata, ratakan dikulit kepala
seperti menggunakan kondisioner seperti umumnya. Biarkan selama 20 menit dan bilas. Rambut yang mudah lepek akan tampak mengembang dan lebih bervolume.

18. RAMBUT BERGELOMBANG ALAMI

Ingin tampil gaya dengan rambut bergelombang alami? Semprotkan campuran air dengan garam ke rambut. Hasilnya, rambut ikal alami tanpa perlu ke salon.

19. MENCERAHKAN KUKU

Garam melembutkan kutikula serta memperkuat kuku. Campur satu sendok teh garam, baking soda, air lemon dan 120 ml air hangat. Rendam kuku selama sepuluh menit, gosok lembut dengan sikat. Campuran ini meluruhkan warna kuning di kuku sekaligus mencerahkan.

20. MENGATASI BAU TIDAK SEDAP DI KAKI

Garam mampu mengangkat bakteri di kuku kaki serta melancarkan peredaran darah. Rendam kaki dalam baskom air hangat yang sudah dicampur garam, agar bau kaki tidak sedap bisa hilang. Taburkan juga garam dalam sepatu, diamkan 30 menit lalu bersihkan.

21. MEREDAKAN INFEKSI KAKI

Pernah mengalami infeksi setelah pedikur? Cobalah mencampur secangkir garam dengan air hangat. Gunakan untuk merendam kaki yang terinfeksi selama 30 menit. Infeksi akan segera reda dan sembuh.

22. DETOKS KULIT

Garam dapat digunakan untuk detoks kulit. Caranya campur secangkir garam ke dalam bak mandi berisi air hangat, gunakan untuk berendam. Mandi garam selama 30 menit, membantu mendetoksifikasi dan mengurangi bengkak pada tubuh.

23. MENGATASI GATAL

Gigitan serangga atau masalah kulit yang membuatmu gatal, bisa segera diatasi dengan merendam atau mengompres bagian yang gatal menggunakan air hangat yang dicampur garam.

24. OBATI BIBIR PECAH

Bibir kering rentan mengalami pecah-pecah. Gunakan campuran tiga sendok makan
garam, dan sesendok krim pelembab bibir untuk melembutkan bibir. Oleskan dan gosok perlahan campuran garam pada bibir, untuk mengelupas kulit kering. Kemudian bersihkan menggunakan lap basah. Jangan lupa oleskan lip balm setelahnya.

25. MENCERAHKAN KULIT

Rajin melulur badan dengan garam, dapat membersihkan dan mencerahkan kulit tubuh. Caranya, campur 50 gram garam dengan minyak zaitun secukupnya. Aduk hingga menjadi pasta, lulurkan merata ke tubuh dan rasakan hasilnya pada kulitmu. Lakukan seminggu sekali agar hasilnya optimal. •nik/bbs/rez