25 Manfaat Garam Bagi Tubuh Kita (Bagian 2)

0
32
Foto: Pixabay

Selain untuk berbagai perawatan kecantikan, meredakan jerawat, deodoran dan pasta gigi, masih banyak manfaat garam bagi tubuh kita. Apa saja?

9. OBAT KUMUR

Berkumur dengan air garam, menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Caranya, campur setengah sendok teh garam dan baking soda, aduk rata dengan seperempat gelas air hangat. Garam berfungsi sebagai disinfektan pembunuh bakteri penyebab bau mulut dan radang gusi.

10. PEMBERSIH HIDUNG

Rutin membersihkan hidung dengan cairan garam, dapat meningkatkan pernapasan, mengurangi risiko alergi dan infeksi sinus. Masukkan cairan garam dalam neti pot, teteskan ke lobang hidung sambil memiringkan kepala agar air dapat memasuki rongga hidung. Tundukkan kepala ke bawah, dan miringkan kepala ke sisi yang lain.

11. PERAWATAN LUKA

Sifat antimikroba garam, efektif untuk merawat luka kulit dan pendarahan. Tunggu hingga darah tidak keluar sama sekali, gosokkan garam ke luka. Garam membersihkan luka dari kuman, bakteri dan mempercepat penyembuhan.

12.MENCEGAH KULIT KERING DAN BERMINYAK

Garam membantu membersihkan pori-pori secara mendalam, menyeimbangkan produksi minyak, dan menghalangi bakteri penyebab kerusakan kulit. Campur 400 ml air hangat dengan satu sendok teh garam, aduk rata. Masukkan ke botol spray, semprotkan pada wajah dua kali sehari.

13. MENYEGARKAN KULIT WAJAH

Garam bersifat anti inflamasi yang menenangkan kulit wajah dari iritasi, mempertahankan
kelembaban lapisan kulit, sekaligus menyegarkan serta mengenyalkan kulit. Campur dua
sendok teh garam halus dan empat sendok teh madu, aduk rata, lalu oleskan ke wajah. Diamkan 15 menit, kompres dengan handuk hangat selama 30 detik. Setelah itu, pijat lembut dengan gerakan melingkar, lalu bilas dengan air hangat.

14. PERAWATAN KULIT KEPALA

Garam dapat meluruhkan kotoran di kulit kepala, sehingga merangsang sirkulasi yang lebih sehat. Garam menjaga kelembaban dan menyerap kelebihan minyak, untuk mencegah pertumbuhan jamur sehingga rambut tidak mudah gatal, lepek, dan kusam. Caranya, taburkan garam di kulit kepala, diamkan 10 menit, bilas hingga bersih. Kemudian keramas seperti biasanya.

15. MELEMBUTKAN RAMBUT

Garam dapat melembutkan rambut, membuat rambut berkilau, sekaligus melindungi rambut dari kerusakan karena cuaca. Rendam handuk bersih dalam air yang telah diberi garam, gunakan handuk untuk membungkus rambut selama 30 menit. Lakukan hal ini sehabis keramas.

16. PENGOBATAN KETOMBE

Untuk menghilangkan ketombe, ratakan sedikit garam halus dikulit kepala sebelum rambut dibasahi saat mandi atau keramas. Diamkan sesaat, pijat ringan, lalu basahi rambut dan keramas seperti biasa. •nik/bbs/rez