25 Manfaat Garam Bagi Tubuh Kita (Bagian 1)

0
43
Foto: Pixabay

Selain membuat makanan menjadi gurih, mengawetkan makanan dan untuk membersihkan beragam piranti memasak yang berkerak, masih banyak manfaat garam bagi tubuh kita. Apa saja?

1. REDAKAN MATA BENGKAK

Garam handal dalam meredakan pembengkakan, jika dipakai sebagai perawatan luar. Misalnya untuk bagian mata. Caranya, basuh mata dengan air yang telah diberi sedikit garam. Lakukan sehari tiga kali.

2. RELAKSASI

Berendam dalam air hangat yang telah diberi garam dapur selama 30 menit, membantu
otot-otot di tubuh lebih rileks, dan meminimalisir rasa pegal. Garam mampu mengeluarkan
kotoran, debu, serta racun yang terbawa tubuh, dan meresap hingga ke pori-pori kulit.

3. SCRUB

Garam mengandung exfoliant alami, yang dapat membantu mengelupas sel kulit mati. Terdapat juga mineral yang bisa melembutkan, sekaligus melembabkan kulit. Gunakan scrub garam, terutama bagi yang berkulit kering. Siapkan seperempat cangkir garam, dan setengah cangkir minyak wijen. Campur bahan, gosokkan ke seluruh tubuh dengan gerakan melingkar.

4. MASKER

Gunakan masker garam terutama bagi yang berkulit berminyak. Garam mengurangi peradangan kulit, menyeimbangkan kadar minyak, dan mempercepat penyembuhan kulit karena goresan, jerawat atau yang lain.

Larutkan satu cangkir garam ke dalam air hangat, dan tambahkan tiga sendok makan madu murni. Campur hingga rata, oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

5. REDAKAN JERAWAT

Garam selain berguna sebagai bahan dapur juga dapat mengatasi jerawat. Hal ini dikarenakan sifatnya yang dapat mengempeskan jerawat yang merah dan meradang. Caranya sederhana, rendam kapas dalam air hangat yang telah diberi garam. Kemudian tempelkan di bagian yang dikeluhkan. Gunakan kapas untuk menutup area jerawat, diamkan satu menit.

6. DEODORAN

Garam dapat membunuh bakteri penyebab bau. Ratakan campuran garam halus dan air pada ketiak, diamkan sebentar. Bersihkan sekalian saat mandi. Jangan mengoleskan pasta garam sebagai deodoran, bagi yang berkulit sensitif.

7. PASTA GIGI

Pasta gigi berbahan dasar garam, lebih baik daripada pasta gigi lainnya. Sebab garam memiliki sifat antibakteri. Jika ingin membuat sendiri, caranya dengan mencampur baking soda dan garam dapur dengan takaran 3:1, lalu aduk hingga menjadi pasta kental.

8. PEMUTIH GIGI

Garam adalah sumber alami flouride yang baik bagi gigi dan gusi. Jika ingin membuat gigi lebih putih, campur satu sendok teh garam dan dua sendok teh baking soda hingga menjadi pasta. Gunakan seperti gosok gigi. Dijamin gigi akan lebih putih cemerlang. •nik/bbs/rez