Mengenal George VI, Kakek Raja Charles III yang Meninggal Karena Kanker

George VI, kakek Raja Charles III ternyata juga pernah menderita kanker. Foto: Dok. X @RoyalFamily
George VI, kakae Raja Charles III ternyata juga pernah menderita kanker. Foto: Dok. X @RoyalFamily

Penyakit kanker menyerang sejumlah keluarga Kerajaan Inggris termasuk pula kakek dari Raja Charles III, George VI. Ayah Elizabeth II ini dinobatkan sebagai raja Inggris pada tahun 1936.

Namun pada tahun 1952, George VI meninggal dengan riwayat penyakit kanker paru-paru dan diketahui merupakan perokok berat. Setahun sebelumnya, kakek Raja Charles III ini harus menjalani operasi karena penyakit kankernya tersebut yang membuat paru-paru sebelah kirinya harus diangkat.

Selesai menjalani operasi, keadaan George VI tampak membaik dan ia mulai pulih. Namun berselang 5 bulan kemudian, ayah Elizabeth II ini mendadak meninggal dunia dalam tidurnya.

| Baca Juga : Efek Pengobatan Kanker, Raja Charles III Kehilangan Indra Perasa

Semula, dugaan meninggal karena kanker dikecualikan karena George VI juga menderita penyakit darah. Sehingga kematiannya diumumkan karena masalah trombosis koroner, kondisi saat darah mengalami pembekuan pada arteri atau vena. 

Tetapi melihat George yang meninggal secara mendadak, muncul dugaan lain jika pembekuan darah tersebut terjadi disebabkan oleh adanya komplikasi kanker yang mulai menyebar ke bagian tubuh lain.

Baru-baru ini, Raja Charles III juga diumumkan sedang menderita sakit kanker. Namun pihak kerajaan Inggris tak menjelaskan lebih detil terkait kanker apa yang sebenarnya diderita oleh keturunan George VI ini.

Sempat ada kabar yang menyebut jika Raja Charles III menderita kanker prostat, tapi pihak kerajaan Inggris langsung membantah kabar tersebut.

| Baca Juga : Kondisi Memburuk, Rencana Pemakaman Raja Charles III Diperbarui

Seperti yang diketahui bahwa penyakit kanker memang bisa bersifat genetik yang diturunkan dari setiap keturunan. Namun tak dapat dipastikan apakah penyakit yang diderita oleh Raja Charles III saat ini adalah kanker yang memang bersifat genetik.

Elizabeth II, anak George VI dan ibu Raja Charles III, nyatanya juga sempat menderita penyakit kanker. Wafat di usia 69 tahun, alasan kematian Elizabeth II disebutkan karena usia yang memang sudah tua.

Namun dalam buku biografi berjudul Queen Elizabeth: An Intimate Portrait karya Gyles, disebutkan bahwa sang ratu juga pernah menderita sakit myeloma, salah satu jenis kanker tulang yang tergolong langka.

Berbarengan dengan Raja Charles III, menantunya, Kate Middleton yang merupakan istri dari Pangeran William juga diumumkan menderita sakit kanker usus.

Sementara itu, kondisi Raja Charles III saat ini sudah mulai membaik. Bahkan sejak bulan April lalu ia juga mulai kembali bertugas ke publik sesuai dengan izin dari dokter yang menanganinya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here