Terkuak! 7 Poin Isi Gugatan Cerai Ria Ricis ke Teuku Ryan

CERAI: Teuku Ryan dan Ria Ricis. Foto: Dok. Instagram @riaricis1795
CERAI: Teuku Ryan dan Ria Ricis. Foto: Dok. Instagram @riaricis1795

Proses cerai Ria Ricis dan Teuku Ryan akhirnya berakhir. Majelis Hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan telah mengabulkan gugatan cerai Ricis pada 2 Mei 2024 lalu.

Keputusan sidang cerai itu telah berakhir, dan menetapkan Ria Ricis sebagai pemegang hak asuh anak mereka, Cut Raifa Aramoana. Meski memiliki hak asuh anak, adik Oki Setiana Dewi itu tidak boleh menghalangi Teuku Ryan untuk bertemu dan menyalurkan kasih sayangnya ke Moana.

Meski selama proses perceraian, Ricis dan Ryan bungkam terkait penyebab perpisahan mereka. Tetapi belakangan ini, media sosial dihebohkan dengan berkas putusan cerai keduanya, yang bisa diakses melalui laman resmi Direktori Putusan Mahkamah Agung (MA), dengan nomor perkata 547/Pdt.G/2024/PA.JS.

Dalam putusan tersebut, ada neberapa poin yang menjadi penyebab Ricis menggugat cerai suaminya. Nyata telah merangkumnya sebagai berikut:

1. Tersinggung dengan omongan ibu mertua

Dalam dokumen tersebut, dikatakan bila Ria Ricis (penggugat) merasa tersinggung dengan omongan ibu mertuanya, saat hamil Moana.

“Penggugat membuatkan minuman dingin buka puasa untuk Tergugat (yang biasanya selalu diterima dengan baik oleh Tergugat). Kemudian ibunda Tergugat mengatakan, ‘Kok Tergugat minum dingin? Biasanya enggak minum dingin’,” bunyi dalam putusan cerai tersebut.

“Ucapan tersebut membuat Penggugat kaget, yang saat itu mungkin saja terlihat berlebihan, akan tetapi karena kondisi Penggugat yang sedang hamil muda sehingga Penggugat merasa tidak nyaman secara batin,” lanjut poin berikutnya.

| Baca Juga: Ria Ricis Resmi Menyandang Status Janda

2. Merasa terpojok dengan ibu mertua

Tak sampai di situ saja, Ricis juga kurang nyaman dengan komentar ibu mertua yang seakan menyalahkannya karena bekerja di bulan Ramadan

“Ibunda Tergugat mengatakan bahwa, ‘Bulan puasa harusnya Tergugat enggak usah kerja’. Beliau mengatakan kepada Tergugat yang terdengar oleh Penggugat. Karena merasa kalimat itu tidak nyaman seolah disalahkan, Penggugat kemudian menanyakan hal itu kepada Tergugat pada malam hari,” bunyi poin tersebut.

YouTuber kondang itu makin dibuat kecewa, karena suaminya membela komentar ibunya. Ia merasa tidak dihargai sebagai seorang istri.

“Namun respon Tergugat justru hanya membela ibunya tanpa berusaha menenangkan perasaan Penggugat. Besok paginya Penggugat menangis karena tak dapat perhatian dari Tergugat sebagai suami.” isi lanjutan dokumen tersebut.

3. Uang Rp500 Juta

Dalam dokumen itu dijelaskan bila Teuku Ryan pernah mendiamkan istrinya selama seminggu, hanya karena tak punya uang. Setelahnya, Ricis pun berinisiatif untuk mengirimkan uang sejumlah Rp500 juta ke suaminya, dengan alasan uang kerjaan dari brand. Setelah mendapatkan uang, pria asal Aceh itu pun berubah sikapnya menjadi baik.

“Tergugat juga pernah mendiamkan Penggugat kurang lebih sampai satu minggu dengan alasan tidak punya uang, sampai akhirnya Penggugat berinisiatif mentransfer uang untuk Tergugat sebesar Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah),” isi dokumen tersebut.

4. Kurangnya komunikasi antara suami istri

Keretakan rumah tangga mereka terjadi, salah satunya karena kurang komunikasi. Banyak poin gugatan yang menyebutkan bila Ricis dan Ryan sering cekcok. Bintang film Aku Tahu Kapan Kamu Mati itu, menjelaskan sifat suaminya, “minim inisiatif, pasif, dan sulit diandalkan”. Bahkan setelah melahirkan, sifat itu tidak berubah. Ricis tak merasa mendapatkan dukungan dari suami, sehingga membuatnya kesepian.

5. Beda prinsip soal parenting

Dalam dokumen yang sama, dipaparkan bila Teuku Ryan beberapa kali mengomentari cara parenting Ria Ricis ke anak mereka. Menurut Ryan, Ricis kurang baik dalam mengurus Moana. Ia bahkan sering mengkritik istrinya dengan kata-kata yang menyakitkan seperti, “eksploitasi anak”, “istri durhaka”, “kualat”, “kakaknya ustadzah tapi tausiahnya ga masuk di adiknya” dan “semoga anak besar gak kaya ibunya”. (*)

6. Nafkah batin tak terpenuhi

Minimnya nafkah batin yang diterima Ricis juga menjadi salah satu faktor dalam surat gugatan cerainya. Setelah melahirkan, keduanya jadi jarang berhubungan badan. Banyak alasan yang dilontarkan Teuku Ryam untuk menolak memberi nafkah batin. Entah itu kecapekan atau pusing sedang memikirkan banyak hal.

“Penggugat merasa dirinya buruk, hina, tidak diinginkan dan tertekan secara psikis setelah melahirkan karena tidak mendapatkan kasih sayang dan nafkah batin dari Tergugat selaku suaminya,” bunyi dokumen perceraian Ria Ricis.

| Baca Juga: Penampilan Ria Ricis Pakai Siger Sunda, Dipuji Bak Pengantin Baru

7. Minggat dari rumah

Puncak konflik rumah tangga mereka terjadi pada 30 November 2023. Dimana dikatakan bila Ryan minggat dari rumah Ricis yang berada di Kemang.

“Di momen itu sebagian barang-barang Tergugat ternyata juga mulai dipindahkan ke rumah Griya Harmony tanpa sepengetahuan Penggugat. Selanjutnya Tergugat belum pernah tinggal di rumah Kebagusan,” ujar pihak Ria Ricis dalam dokumen tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here