Syuting Film Horor Jin Khodam, Boy Hamzah Sampai Dikawal Kyai dan Tokoh Adat

Foto: Dok. IST

Film horor menjadi salah satu genre film yang belakangan paling banyak diminati masyarakat Tanah Air. Tak heran jika semakin banyak sineas Indonesia yang membuat film bergenre horor. Selain jalan cerita yang semakin beragam, sensasi menegangkan selama menonton film horor juga menjadi daya tarik tersendiri.

Diantara banyaknya film horor yang dirilis tahun ini, salah satunya berjudul Jin Khodam. Film yang akan dirilis pada 23 Mei 2023 mendatang akan membaurkan tiga genre sekaligus, yakni horor, thriller, serta religi.

Menurut Dedy Mercy selaku produser sekaligus sutradara film Jin Khodam, cerita dan konsep Jin Khodam lahir dari perenungan yang mendalam. Judul Jin Khodam sendiri dipilih bukan tanpa alasan, karena Jin Khodam sudah populer, bahkan ada sebagian komunitas masyarakat religi kita yang begitu akrab dengan hal tersebut.

“Kami juga melakukan riset dan konsultasi, yang pastinya menjadi bagian terpenting di dalam penulisan cerita. Seperti contohnya riset dan konsultasi kepada tokoh agama khususnya para Kyai dan Ustad. Kami juga di dampingi oleh ketua adat dan tokoh agama sebagai legalitas formal juga informal,” jelas Dedy Mercy di Jakarta, Senin (15/5).

|Baca Juga: Awalnya Ragu-Ragu, Pedangdut Ryaas Randa Beranikan Diri Bintangi Film Horor

Foto: Dok. IST

Dedy mengungkapkan saat produksi berlangsung, para pemain film ini juga dibebaskan untuk mengeksplorasi perannya. Karena menurutnya, para pemain adalah partner terbaik untuk menjadikan cerita Jin Khodam sampai pada goal etik dan estetiknya.

Disamping itu, Dedy mengaku tantangan terbesar dalam produksi film ini adalah mencari dan menemukan lokasi yang sesuai dengan setting atau kejadian di dalam cerita yang mengambil latar pedesaan yang asri di tahun 1990-an.

“Ada pengalaman kami dalam perjalanan menuju tempat lokasi yang berbatu dan curam sehingga saat pindah lokasi bisa memakan waktu 7–9 jam. Kami bersyukur mendapat izin dan dukungan untuk shooting di wilayah Cianjur Selatan, Jawa Barat, tepatnya di Desa Adat Miduana dan Curug Citambur,” jelasnya.

Film Jin Khodam bercerita tentang Bagas (Boy Hamzah) pulang ke kampungnya setelah sekian lama di pondok pesantren untuk menghidupkan kembali kegiatan keagamaan serta meluruskan kembali norma sosial yang sudah hilang di kampungnya. Dia ditemani oleh sahabatnya, Ayu (Haviza Devi) dan Hadi (Azul Pratama).

Foto: Dok. IST

|Baca Juga: Jangan Nonton Sendirian, Ini 7 Film Horor Exorcism Paling Mengerikan Sepanjang Masa

Tapi, usaha Bagas itu mendapat pertentangan yang ekstrem dari Wirya (Ray Sahetapy), orang kaya di kampungnya. Sebab dirasa mengganggu kepentingan mereka. Akhirnya Wirya beserta anak buahnya merencanakan sesuatu untuk menyingkirkan Bagas hingga tewas.

Alangkah terkejutnya mereka ketika dari masjid terdengar shalawat Asyghil yang biasa dilantunkan oleh Bagas. Mereka semakin ketakutan setelah dua orang diantara mereka ditemukan tewas dengan mengerikan, terorpun mulai berdatangan silih berganti menghantui mereka.

Jin Khodam disutradarai oleh duo sutradara yang sudah malang melintang di industri layar lebar tanah air, yakni Tema Patrosza dan Dedy Mercy. Dibintangi oleh sederet aktor dan aktris Indonesia seperti Boy Hamzah, Haviza Devi, Ray Sahetapy, Ayu Dyah Pasha, Egi Fedly, Piet Pagau, Oce Permatasari, dan masih banyak lagi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here