Saham SM Entertainment Langsung Anjlok Usai Chen, Baekhyun, dan Xiumin ‘EXO’ Akhiri Kontrak

Foto: Dok. Instagram exo_cbx.offiicial

Beberapa waktu lalu publik dihebohkan dengan kabar bila ketiga member EXO Chen, Baekhyun, dan Xiumin memutuskan untuk mengakhiri kontrak dengan SM Entertainment. Keputusan yang tiba-tiba itu membawa tanda tanya besar bagi para penggemar. Terutama alasan yang menyebabkan ketiganya sepakat untuk keluar dari agensi yang membesarkan nama mereka.

Lee Jae-hak selaku kuasa hukum Xiumin, Baekhyun, dan Chen, akhirnya membuat pernyataan resmi tentang hal ini. Jae-hak menyatakan, bila kliennya mengajukan pembatalan kontrak atas dasar perlakuan tidak baik dan tak adil. Ketiganya diduga mengalami kontrak ‘budak’ dengan durasi kontrak mencapai 12-13 tahun. Tentu ini menyalahi hukum di Korea yang membatasi maksimal termin ada di angka 7 tahun.

Baekhyun, Xiumin, dan Chen telah memberi tahu SM Entertainment tentang niat mereka untuk mengakhiri kontrak eksklusif melalui pengacara. Mereka telah menyuarakan keprihatinan tentang penyelesaian dan periode kontrak.

|Baca Juga: Penggemar EXO Tuntut SM Entertainment Segera Depak Chanyeol dan Chen dari Grup

Chen (kiri), Baekhyun (tengah), Xiumin (kanan). Foto: Dok. Instagram exo_cbx.offiicial

“Para artis telah mengirimkan bukti pengiriman ke SM Entertainment tujuh kali dari 21 Maret hingga baru-baru ini melalui perwakilan hukum mereka. Mereka telah berulang kali meminta dokumen penyelesaian yang transparan dan salinan dasar penyelesaian, tetapi SM Entertainment terus-menerus mempertahankan posisi yang tidak adil karena tidak dapat memberikan salinan dokumen tersebut,” isi pernyataan resmi dari Lee Jae-hak.

Pengacara itu juga menambahkan, “SM Entertainment telah menandatangani kontrak jangka panjang dengan artis selama lebih dari 12 sampai 13 tahun dan kemudian, ketika periode ini tidak cukup, memaksa mereka untuk menandatangani kontrak eksklusif berikutnya. Para artis merasa bahwa SM, berdasarkan posisi dominannya, memaksa mereka melakukan apa yang disebut kontrak budak.”

|Baca Juga: Pahlawan Sejati! Chen EXO Selamatkan Seorang Gadis dari Tindakan Bullying

Menanggapi hal ini, SM Entertainment pun menyatakan, “Kekuatan eksternal telah mendekati artis kami, menyampaikan informasi palsu, penilaian hukum yang menyesatkan, dan membuat proposal yang tidak masuk akal bahwa mereka dapat mengabaikan kontrak eksklusif artis dengan kami agar bisa membuat kontrak dengan mereka.”

Buntut dari perselisihan kontrak eksklusif Chen, Baekhyun, dan Xiumin ini membuat harga saham SM Entertainment langsung turun drastis. Terhitung pada Kamis (1/6) pukul 15.00 waktu Korea Selatan, harga saham SM Entertainment terdapat di angka 101.500 won atau setara Rp1,1 juta. Maka penurunan harga mencapai 7,38% dibandingkan dengan harga di hari sebelumnya yang masih 109.700 won atau Rp1,2 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here