Makna Tersembunyi di Balik Potret Resmi Penobatan Raja Charles III

Foto: Dok. PA

Setelah melalui serangkaian prosesi yang panjang, akhirnya Istana Buckingham merilis potret resmi pertama Raja Charles III setelah Penobatan, Senin (8/5) lalu. Foto itu menunjukan Raja baru yang dikelilingi oleh orang-orang kepercayaanya.

Rangkaian foto Kerajaan itu diawali dengan Charles yang mengungkap monarki baru selama masa kepemimpinannya. Menurut pakar kerajaan, Richard Fitzwilliams, posisi setiap bangsawan dalam potret tersebut memang telah ditentukan. Terlihat saudara perempuannya yang ‘pekerja keras dan dihormati’, Putri Anne, ada di samping kirinya. Sedangkan, di samping kanannya ada sang istri, Ratu Camilla, dengan tegas di sisinya.

Tak hanya foto bersama, Raja juga meresmikan potret solonya untuk menandai pemerintahannya sebagai kepala negara. Pemimpin berusia 74 tahun terlihat tegas dan berani dalam potret yang menunjukan kepercayaan dirinya tersebut.

“Yang ini adalah potret kuat dari seorang raja yang mengetahui pikirannya sendiri dan sangat berpengalaman,” kata pakar kerajaan Richard Fitzwilliams kepada DailyMail.

|Baca Juga: Absen dari Penobatan Raja Charles, Meghan Markle Pilih Mendaki Bareng Sahabat

Posisi Putri Anne yang tepat di samping Raja bukanlah sebuah kebetulan, menurut Richard, Charles menilai adiknya itu layak karena sosoknya yang berpengalaman dan pekerja keras.

“Kedekatan Putri Anne dengan Raja, itu bukan kebetulan. Dia berpengalaman dan pekerja keras. Anne sudah lama melakukannya, dia tahu seluk-beluknya. Raja tahu betapa populernya dia, jadi bukan kebetulan saudara perempuannya bersebelahan dengannya. Ini menunjukkan betapa dia menghargainya dan betapa dia akan bergantung padanya, dia sangat populer dan memiliki profil tinggi. Orang-orang tahu siapa dia dan menghormatinya, itu sangat penting,” jelas Richard.

Di lain sisi, Ratu Camilla juga nampak lebih santai dan nyaman mengenakan mahkota dalam potret solonya. Sebelumnya ia terlihat gugup saat ia dimahkotai di Westminster Abbey, selama upacara penobatan yang disaksikan jutaan orang di seluruh dunia.

Richard Fitzwilliams menegaskan, bila potret para bangsawan itu menandakan monarki yang dipilih oleh Raja Charles.

“Bagi Keluarga Kerajaan yang absen, semua orang sudah tahu alasannya,” imbuhnya.

Dari kiri ke kanan: Duke of Kent, Duchess of Gloucester, Duke of Gloucester, Wakil Laksamana Sir Tim Laurence, Putri Anne, Raja Charles III, Ratu Camilla, Pangeran Wales, Putri Wales, Duchess of Edinburgh, Putri Alexandra, Lady Ogilvy, Duke of Edinburgh. Foto: Dok. PA

|Baca Juga: Momen Menggemaskan George, Charlotte dan Louis di Penobatan Raja Charles III

Raja sedari awal menginginkan monarki dengan anggota keluarga yang sedikit, apalagi bila diperhatikan anggota keluarga yang terpilih itu kebanyakan telah berusia 60-70 tahun, tentu nantinya ini akan menjadi ‘tantangan’ bagi Raja di masa depan.

Potret bersejarah itu diambil oleh fotografer langganan keluarga kerajaan, Hugo Burnand. Ia mengatakan kepada Telegraph bila foto-foto itu adalah ‘momen keluarga’, dan ia membuatnya tetap bagus dan nyaman.

Burnard sendiri telah memotret kerajaan selama lebih dari dua dekade dan juga mengambil foto di pernikahan Charles dan Camilla di Kastil Windsor pada tahun 2005 dan Pangeran William dan Kate Middleton di Istana Buckingham pada tahun 2011.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here