Menteri Kebudayaan Korea Beri Penjelasan Tentang Wajib Militer BTS. Jadi Dibebaskan?

Foto: Dok. Big Hit Entertainment

Masih menjadi isu yang cukup panas, peraturan wajib militer BTS telah digambarkan dalam episode terbaru “PD Note” MBC pada, Selasa (10/5) lalu.

Program acara berbasis jurnalisme investigasi itu membahas topik soal sistem dinas militer alternatif yang dikhususkan untuk bidang seni dan olahraga. Dalam episode terbarunya yang bertajuk “BTS dan Wajib Militer”, mereka mengundang beberapa bintang tamu untuk membahas mengenai hal tersebut.

Choi Kwang Hi selaku Sekretaris Jendral Asosiasi Konten Musik Korea mengatakan bahwa “Jin BTS dapat menunda wajib militernya sampai tahun ini saja. Tetapi tahun depan ia harus memenuhinya,”

Ia melanjutkan, “Bukankah ada periode enam bulan bagi undang-undang secara resmi berlaku setelah disahkan? Pada akhirnya BTS berada pada situasi yang tidak memungkinkan untuk mendapat hak istimewa dalam wajib militernya”.

|Baca Juga: Ngeri! Diteror Saat Lakukan Siaran Langsung Jungkook BTS: Saya Merinding Ini Seperti Film Horor

Foto: Dok. MBC PD Note

Sung Il Jong selaku anggota Majelis Nasional menjelaskan mengenai Undang-Undang Wajib Militer, di Komisi Pertahanan Nasional pada 25 November lalu, “Satu anggota BTS harus mendaftar militer sebelum 31 Desember tahun ini. Bila setiap anggota mendaftar satu demi satu, maka mereka akan dipisahkan”.

Ia melanjutkan, “Hal ini akan menimbulkan masalah identitas yang menutup peluang BTS bagi Korea Selatan. Oleh karena itu, tiga orang mengusulkan untuk kembali mempertimbangkan hal ini demi kepentingan negara meski nantinya akan dikritik”.

|Baca Juga: Terlalu Ganteng! Ini 6 Potret Taehyung ‘BTS’ yang Mirip Karakter Anime

Mantan Menteri Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea, Hwang Hee menyatakan bahwa, “Karena kewajiban untuk memenuhi dinas militer, kegiatan BTS terpaksa dihentikan. Ini jelas akan menimbulkan kerugian nasional. Saya berharap Majelis akan mulai membahas masalah ini sesegera mungkin,” ungkapnya.

Keputusan ini membuat warga Korea Selatan terbagi menjadi dua kubu. Mayoritas berpendapat jika anggota BTS mendapatkan pembebasan wajib milter, hal itu terasa tidak adil bagi idol lain. Tetapi, banyak juga yang setuju bila pemerintah memberikan pengecualian bagi mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here