Menstruasi Bikin Kamu Susah Tidur? Yuk Coba Tips Jitu Ini!

Foto: Dok. AlexandraGorn/Unsplash

Selama menstruasi tubuh wanita akan mengalami beberapa perubahan, termasuk hormon yang serasa seperti rollercoaster. Secara tidak langsung siklus mentruasi juga mempengaruhi waktu tidurmu loh.

Biasanya saat datang bulan wanita cenderung kesulitan tidur karena merasa tidak nyaman. Akibatnya kualitas tidur kian menurun.

Menurut dr. Gareth Nye, dosen di Chester Medical School itu mengatakan bahwa terganggunya pola tidur itu disebabkan oleh hormon esterogen dan progesteron.

“Progesteron menyebabkan kenaikan suhu tubuh normal ke tingkat paling tinggi. Meski tidak terasa, tetapi ini bisa menggangu pola tidur,” jelas dr. Gareth dilansir dari The Sun.

Suhu tubuh wanita akan melonjak naik waktu ovulasi. Oleh karena itu kamu bisa memperkirakan kapan waktu ovulasi datang sebelum memasuki periode menstruasi berikutnya.

Selain itu, menstruasi bisa saja mempengaruhi tidurmu karena terganggu oleh kram dan seringnya BAB. Bila darah keluar terlalu banyak mungkin akan timbul rasa cemas atas kebocoran dan ingin buru-buru mengganti pembalut. Lalu apa yang harus dilakukan?

|Baca Juga: 5 Makanan yang Bikin Hubungan Seksual Lebih Bergairah. Dijamin Puas!

Foto: Dok. BruceMars/Unsplash

dr. Elisabeth Philipps, seorang ahli syaraf mengatakan bahwa istirahat siang bisa membantu tidur malammu menjadi lebih nyenyak. Kemudian memakai obat-obatan herbal bisa membantumu mengatasi gejala menstruasi.

“Menggunakan obat herbal dapat menyeimbangkan kadar progesteron secara alami, seperti asghwagandha atau minyak primrose,” ungkap dr. Philipps.

|Baca Juga: 5 Manfaat Mandi di Malam Hari. Ternyata Bisa Cegah Kram Lho!

Kemudian coba untuk menghindari minuman alkohol dan merokok. Penilitian menunjukan bahwa merokok meningkatkan resiko masalah tidur dan alkohol meski membantumu mengantuk tetapi itu merusak kualitas tidur.

Lalu coba makan dengan porsi kecil tetapi lebih sering daripada satu kali makan dalam porsi besar. Berolahraga secara teratur juga bisa mengurangi stres.

Membuat suhu kamar menjadi lebih sejuk. Bila suhu tubuh anda naik saat menstruasi maka mendapatkan kamar yang dingin dan nyaman itu bisa menolong tidurmu menjadi lebih nyenyak. Para ilmuwan mengatakan sebaiknya suhu kamar sekitar 16-18⁰C.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here