Gara-Gara Ngeri-Ngeri Sedap, Keinginan Tika Panggabean untuk Pulang Kampung Akhirnya Terwujud

Foto: Dok. Instagram @botikapanggabean

Keinginan Tika Panggabean untuk bermain dalam film yang mengangkat kebudayaan masyarakat Batak akhirnya terwujud. Ketris, komedian yang juga dikenal sebagai penyanyi ini baru saja menyelesaikan film terbarunya yang berjudul Ngeri-Ngeri Sedap.

Film Ngeri-Ngeri Sedap merupakan drama komedi keluarga dari rumah produksi Imanjinari yang memang mengangkat kebudayaan masyarakat Batak. Film ini mengisahkan sebuah keluarga Batak dengan empat anak yang kini telah sukses di perantauan. Namun, di balik kesuksesan mereka, ada orang tua yang sangat rindu dan menginginkan keempatnya untuk pulang kampung. Hasilnya, kedua orang tua mereka jadi berpura-pura akan bercerai agar keempat anaknya mau pulang ke kampung halaman.

Dalam film ini, Tika berperan sebagai Mak Domo, seorang ibu dengan empat anak sekaligus seorang Istri yang berusaha mendamaikan suami dengan anak laki-lakinya karena mereka pergi merantau.

“Akhirnya Mak Domo bersengkokol dengan suaminya agar bisa memulangkan anak-anaknya. Disitulah ada konflik yang akhirnya dia menuruti suaminya,” ujar Tika saat berkunjung ke redaksi Nyata, Rabu (11/5) lalu.

Walau memiliki darah Batak, namun ternyata Tika lahir dan dibesarkan di Jakarta. Karena itu, Tika mengaku tak terlalu mengenal daerah asalnya tersebut.

|Baca Juga: Angkat Kisah Anak Rantau. Film ‘Ngeri-Ngeri Sedap’ Siap Bikin Kamu Kangen Keluarga

Foto: Dok. Instagram @botikapanggabean

Beruntung, di lingkungan keluarga besarnya, budaya Batak masih sangat kental. Dari lingkungan keluarga tersebutlah Tika akhirnya mendalami perannya sebagai Mak Domo.

“Walaupun aku lahir di Jakarta tapi budaya Batak sudah dikenalkan. Bahasanya Batak.  Kalau mami keluarga Bataknya cuklup kental. Akrab sekali di telingaku. Segala sesuatu budaya dan kultur Batak aku sangat tahu. Nggak asing di telinga,” jelas Tika.

 Walau begitu, ternyata Tika jarang sekali berkunjung ke kempung halamannya. Sebelum film ini memulai proses syuting, Tika mengaku baru sekali saja ke sana.

”Saudara di sana boleh dibilang sudah nggak ada. Ini kali kedua aku pulang kampung. Waktu aku pulang pertama pas mau ngerayain ulang tahun ke-40, aku bilang ke orangtua. Waktu itu bapakku masih ada,” ujar Tika.

|Baca Juga: Margot Robbie Resmi Jadi Pemeran Utama Film Barbie!

Ketika dirinya berulangthaun ke 40, Tika mengajak keluarganya untuk berkunjung ke sana. Tika mengaku menghabiskan waktu selama 10 hari di sana. Tika mengunjungi beberapa tempat yang masih memiliki sejarah dengan keluarganya.

“Dari Medan lihat Danau Toba. Ke Tarutung, Tapanuli Utara  kampungnya Opung. Ternyata di sana indah banget. Nggak macet,” ungkap Tika.

Waktu selama 10 hari dirasa sangat singkat bagi Tika. Tika pun berjanji akan kembali lagi ke sana. Namun sayang, pandemi Covid-19 menggagalkan semuanya. Hingga tawaran untuk bermain dalam film Ngeri-Ngeri Sedap  datangkepadanya.

“Pas mau ulang tahun ke-50 sempat berfikir mau balik lagi ke sana. Nggak tahunya Pandemi. Nggak bisa. Eh rejekinya dari sini, untung main film ini. Senangbanget bisa balik. Soalnya enak banget sih,” kata Tika sumringah.

Film Ngeri-Ngeri Sedap sendiri rencananya akan ditayangkan di bioskop Indonesia pada 2 Juni 2022 mendatang. Selain Tika Panggabean, film garapan Bene Dion Rajagukguk ini juga diisi oleh sejumlah pemain seperti Boris Bokir ManullangGita Bhebhita Butar-butarLolox, Indra Jegel dan Arswendy Beningswara Nasution. /Bay

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here