Hindari 5 Tipe Orang Kaya Gini, Biar Waras Saat Kumpul Lebaran!

tipe orang yang harus dihindari saat lebaran

Ketika mudik ke kampung halaman, kamu pasti akan menemui sanak saudara dan kerabat lain. Tidak sedikit dari mereka yang menggunakan percakapan basa-basi untuk memulai pembicaraan atau terlihat akrab. Nah, biar suasana mudik nyaman. Kamu harus hindari tipe orang kaya gini, biar kesehatan mentalmu tetap terjaga! Simak baik-baik ya..

Orang yang suka tanya kapan nikah

Bagi kamu yang jomlo, orang pasti penasaran ingin mengetahui kapan kamu akan punya pacar. Sementara setelah punya pacar, pasti kamu akan dicecar dengan pertanyaan kapan nikah.

Orang yang suka melontarkan pertanyaan kaya gitu akan ada terus sampai kita menutup mata. Jadi, daripada kita sibuk menutup satu persatu mulut orang lain, lebih baik kita menutup telinga kita.

Caranya, kamu bisa menghindarinya dengan menunjukkan prestasi kamu secara tidak langsung dan berkata: “Nanti dulu lah, mau fokus karier dulu. Menikah kan nggak cuma modal cinta.

Orang yang suka tanya kapan hamil

hal yang harus dihindari saat lebaran adalah menanyakan kehamilan orang lain

| Baca juga: Siap Tempur! Ini Tips yang Bisa Dilakukan untuk Menjawab Pertanyaan Sensitif Waktu Lebaran

Setelah lelah ditanya kapan nikah, kamu yang sudah berumah tangga pasti akan dikejar-kejar dengan pertanyaan “Kapan hamil?”.

Pertanyaan ini sebenarnya tidak masalah kalau ditanyakan cuma satu kali, nah kalau berkali-kali ganggu juga ya kan? Lagian kalau sudah hamil nggak bakal bisa diumpetin kan? Bakal kelihatan juga.

Demi kewarasan jiwa dan raga, kamu wajib menghindari orang-orang yang sukanya tanya “Kapan hamil?”, dan setelah dijawab bukannya berhenti di satu jawaban, malah langsung kasih kuliah tujuh menit.

Maka kamu bisa menghindarinya dengan kalimat: “Permisi ya saya mau ke toilet dulu,” atau alihkan pembicaraan dengan “Kamu suka baca buku apa?“.

Orang yang suka body shaming

Kalau kamu ketemu Pak Dhe dan Bu Dhe di kampung halaman dan melakukan basa-basi seperti, “Eh kamu kok banyak jerawatan sekarang. Gara-gara kerja di kota pasti,“, atau “Kamu kok makin langsing sekarang, tekanan batin ya di sana?

Kamu bisa memilih diam dalam senyum. Tapi jika tidak lelah menjawabnya, kamu bisa berkata: “Iya nih Bu Dhe, karena pekerjaanku beauty content creator. Aku sering mengulas beberapa produk skincare dan nggak semua cocok di wajah jadinya jerawatan deh.

Orang yang suka membandingkan dan pamer harta

Hindari tipe orang kaya gini di keluarga. Pasti ada saja yang membandingkan tumbuh kembang anaknya dengan anak orang lain.

Ada yang membanggakan prestasi atau pekerjaan anaknya dengan kamu. Ada juga yang pamer baru beli mobil dan sepetak tanah. Hehehe

Jujur, kalau udah gitu pasti males banget kan mau tegur sapa. Tapi karena ini terjadi di momen yang fitri, kamu harus jaga image dikit lah untuk menghadapinya. Nggak lucu dong abis maaf-maafan langsung berantem lagi.

So, kamu bisa menjawabnya dengan jawaban manis seperti: “Ih anak om dan tante hebat banget ya, tapi aku juga merasa hebat kok dengan pencapaianku sekarang. Kan roda berputar, bisa aja nanti aku di atas, anak om di …

Orang yang suka nyuruh anaknya minta THR

thr lebaran

| Baca juga: Siap Tempur! Ini Tips Menjawab Pertanyaan Sensitif yang Muncul saat Lebaran

Ada loh beberapa keluarga yang nggak sungkan-sungkan nyuruh anaknya minta THR saat berkunjung ke rumah tetangga atau keluarga. Beberapa orang tua bahkan memutuskan urat malunya untuk memintakan langsung.

Kalau kalian menemui orang seperti ini dan mengenalnya dengan baik, sebaiknya berikan nasihat dan beri edukasi dampak jangka panjang mengajarkan anak minta-minta THR di depan umum.

Dan bagi kamu yang dimintai THR oleh keluarga yang seperti itu, kamu bisa ikhlas memberikannya. Namun bila terasa tidak nyaman, jangan takut mengatakannya dengan nada candaan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here