9 Kebiasaan Khas Orang Indonesia Rayakan Lebaran Idulfitri

tradisi lebaran indonesia

Seneng banget deh, tahun ini seluruh umat muslim di Indonesia bisa merayakan Idulfitri 1443 H tanpa dihantui perasaan was-was. Terutama bisa kembali mudik, meninggalkan silaturahim virtual. Tidak hanya mudik, secara umum orang Indonesia juga kerap melakukan beberapa tradisi khusus berikut untuk merayakan lebaran loh. Ada yang bisa menebak?

Sungkeman

Karena lebaran identik dengan saling maaf memaafkan, maka orang Indonesia sering melakukan sungkeman antar keluarga inti. Diawali dengan istri yang sungkem dengan suaminya lalu diteruskan anak-anak sungkem kepada kedua orang tua.

Halal Bi Halal

Selepas sholat Idulfitri, biasanya beberapa keluarga mulai mempersiapkan diri untuk Halal bi halal, bersilaturahim dengan tetangga kanan kiri untuk saling bermaaf-maafan. Setelahnya barulah pergi mengunjungi keluarga terdekat sampai yang terjauh.

Menyiapkan Kue Kering

kue lebaran

| Baca juga: Lebaran Mati Gaya? Liburan Yuk ke 5 Desa Wisata Rekomendasi Sandiaga Uno

Karena kebiasaan Halal bi halal inilah maka, meja ruang tamu tidak boleh kosong. Minilam harus ada kue kering dan air mineral dalam kemasan gelas yang tersedia.

Hal ini dilakukan tentu untuk menghormati tamu yang datang untuk bersilaturahim. Biasanya, tuan rumah sudah nyicil menyiapkan kue kering di pertengahan Ramadhan.

Makan Opor dan Ketupat

Salah satu hal istimewa yang mungkin hanya dijumpai satu tahun sekali adalah makan opor dengan ketupat. Bahkan beberapa keluarga memiliki cara lain dengan menambahkan menu sambal goreng ati, buras, soto, rendang, dan lain sebagainya.

Kasih Parsel Lebaran

Tradisi bagi-bagi parsel juga menjadi kekhasan orang Indonesia dalam merayakan lebaran. Tujuannya, untuk menjaga hubungan baik dengan kolega bisnis, teman, maupun keluarga jauh.

Bagi-Bagi THR

Nah, kalau ini sih favoritnya anak-anak. Sebab di Hari Raya Lebaran ini mereka mendadak jadi orang paling kaya. Biasanya para orang tua dan keluarga yang sudah bekerja yang memberikan THR (Tunjangan Hari Raya)-nya.

Nyalakan Petasan dan Kembang Api

| Baca juga: Deretan Foto Selebriti yang Rayakan Lebaran Bareng Keluarga. Bikin Hati Adem!

Menyalakan petasan dan kembang api pada saat malam takbiran seperti sudah menjadi adat orang Indonesia dalam merayakan Idulfitri.

Kedua hal ini sekaligus menyimbolkan perasaan gegap gempita menyambut kemenangan umat muslim melawan hawa nafsu selama bulan Ramadhan sebelumnya.

Takbir Keliling

Selain di masjid, warga Indonesia juga gemar melakukan takbir keliling. Sesuai dengan adat kebiasaan masyarakat sekitar, takbir keliling dilakukan dengan berjalan kaki sambil membawa obor, genderang.

Ada juga yang berkeliling sambil naik pick up sembari menyalakan sound system atau menjadikannya pawai dengan menghias kendaraan mereka.

Ziarah Kubur

Tidak hanya mengunjungi kerabat yang masih hidup saja, orang Indonesia juga menjadikan ziarah kubur sebagai tradisi untuk mendoakan keluarga atau orang tua yang telah meninggal dunia. Hal ini dilakukan sembari menabur bunga, menyiram air, dan membersihkan area makam. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here