7 Fakta Maisa Abd Elhadi, Aktris Palestina yang Jadi Korban Penembakan Polisi Israel

maisa
Foto: Dok. Instagram Maisa Abd Elhadi

Jumlah korban jiwa dalam pertempuran Palestina-Israel terus bertambah. Hingga Senin (17/5), sedikitnya 192 orang, termasuk 58 anak-anak dan 34 wanita dilaporkan tewas di Jalur Gaza dalam sepekan terakhir. Sedangkan lebih dari 1.200 orang luka-luka. Salah satunya adalah aktris Maisa Abd Elhadi. 

Aktris Palestina itu diduga ditembak oleh polisi Israel saat mengikuti demo di kota Haifa, Minggu (9/5). Banyak yang penasaran dengan profil Maisa Abd Elhadi usai insiden tersebut. Berikut fakta-faktanya.

1. Profil Maisa Abd Elhadi: Lahir di Israel

aktris top palestina ditembak polisi israel
Foto: Dok. Instagram Maisa Elhadi

Dilansir dari IMDb, Elhadi lahir di Nazareth, Israel pada 15 November 1985. Perempuan 35 tahun ini menguasai tiga bahasa yakni bahasa Arab, Inggris dan Hebrew.

2. Awal Karier 

profil maisa abd elhadi
Foto: Dok. Instagram Maisa Abd Elhadi

Elhadi mengawali karier aktingnya dengan bermain film Palestina, The Time That Remains tahun 2009. Kala itu ia mendapat peran kecil sebagai figuran. 

3. Mulai Naik Daun

profil maisa abd elhadi ditembak tentara israel artis palestina.jpg
Elhadi dalam film The Angel. Foto: Dok. Instagram Maisa Abd Elhadi

Perlahan tapi pasti, nama Elhadi terus naik daun. Ia bermain dalam beberapa film dan serial hits seperti Eyes of a Thief (2014), The Worthy (2016), The Angel (2018), The Reports on Sarah and Saleem (2018), Tel Aviv on Fire (2018) dan Baghdad Central (2020).

4. Profil Maisa Abd Elhadi: Sabet Penghargaan Aktris Terbaik

profil maisa abd elhadi 1
Foto: Dok. Instagram Maisa Abd Elhadi

Kemampuan akting Elhadi tak perlu diragukan lagi. Bahkan perempuan yang memiliki ciri khas rambut panjang ini pernah menyabet penghargaan kategori aktris terbaik di Dubai Film Festival, tahun 2011. 

5. Tema Film

profil maisa abd elhadi 1 1
Elhadi saat bermain film The Worthy. Foto: Dok. Instagram Maisa Abd Elhadi

Rata-rata, film yang dimainkan Elhadi bertemakan konflik antar negara yang dalam dunia nyata memang sering berperang. Salah satunya adalah Baghdad Central yang menyoroti perjuangan sebuah keluarga usai presiden Iraq, Saddam Hussein lengser. 

6. Jadi Korban Kekejaman Aparat Israel

maisa abd elhadi ditembak israel palestina aktris
Kondisi Elhadi setelah tertembak. Foto: DNA

Elhadi mengalami luka tembak di bagian kaki. Perempuan 35 tahun itu mengaku bahwa ia ditembak dengan peluru tajam saat mengikuti demonstrasi di kota Haifa, Minggu (9/5). Lewat akun Instagram-nya, Elhadi mengungkap bahwa polisi dan tentara Israel tak ragu untuk menembak para demonstran. 

Aku mendengar bunyi boom yang begitu keras dan aku merasa celana jeansku robek. Itulah hal pertama yang kurasakan! Aku mencoba untuk terus berjalan tapi aku tidak bisa dan aku sadar ada darah keluar dari kakiku dan kulitku terkoyak (peluru),” cerita Elhadi.

Baca juga: Deretan Artis Dunia Ikut Demo Bela Palestina. Ada yang dari Indonesia!

Elhadi mengatakan kalau kondisi di Palestina kini semakin parah. Bahkan aktris kelahiran 15 November 1985 itu menyebut bahwa satu-satunya hal yang memisahkan para demonstran dengan kematian adalah keberuntungan. 

Ini bukanlah pertama kalinya polisi dan tentara menyerang kami yang mencoba untuk menyampaikan protes secara damai. Aku tidak ragu bahwa sebagai seorang Palestina saya terus-menerus menghadapi ancaman langsung, tetapi kali ini menjadi jelas bahwa kita berada di garis depan perang dan satu-satunya hal yang memisahkan kita dari kematian adalah keberuntungan,” pungkasnya. 

7. Kondisi Pasca Tertembak

kondisi maisa abd elhadi setelah tertembak israel
Foto: Dok. Instagram Maisa Abd Elhadi

Setelah tertembak, Elhadi langsung dilarikan ke rumah sakit. Lewat Instagram-nya, pemain film The Worthy itu mengabarkan kalau kondisinya baik-baik saja. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu serta mendoakannya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here