Fenomenal! Intip 4 Kostum Ayuma di Ajang Miss Universe 2020

kostum gaun ayuma di miss universe putri miss indonesia 2020
Foto: Royal Story PIcture

Ayu Maulida Putri atau lebih dikenal dengan Ayuma jadi perwakilan Indonesia di ajang Miss Universe 2020. Pemenang Putri Indonesia 2020 itu sudah melakukan karantina dan berada di Florida, Amerika Serikat sejak awal Mei lalu. 

Dalam ajang pemilihan ratu kecantikan dunia itu, Ayuma memamerkan empat gaun fenomenal. Penampilannya pun begitu mencuri perhatian. Tak heran jika perempuan 23 tahun itu digadang-gadang bakal menggondol mahkota Miss Universe 2020.  Yuk intip 4 gaun yang dikenakan Ayuma dalam ajang Miss Universe 2020.

1. Gaun Anggrek Hitam

gaun-ayu-maulidia-ayuma-miss-universe-indonesia-2020
Foto: Royal Story PIcture

Black Orchid Flower, begitulah gaun berwarna hitam-silver itu disebut. Terinspirasi dari bunga anggrek hitam yang jadi simbol dari feminitas. Melalui gaun karya desainer Sebastian Gunawan itu, Ayuma diharapkan bisa merepresentasikan kecantikan, kecerdasan dan kehormatan perempuan Indonesia yang digambarkan seperti anggrek hitam.

2. Gaun Biru Terinspirasi dari Kawah Ijen

gaun putri indonesia ayuma miss universe 2020
Foto: Royal Story PIcture

Untuk gaun yang satu ini disebut IJEN: Blazing Bright Blue. Terinspirasi dari api biru yang ada di Kawah Ijen, gaun rancangan desainer Diana Putri itu bertabur kristal Swarovski dan emas Midas. 

“Warna gaun tersebut merepresentasikan nyala api, tetapi juga ada sentuhan mewah pada gaun itu. Diana memilih siluet gaun khas Hollywood klasik, sehingga baju tersebut memiliki unsur internasional serta tradisional,” tulis Ayuma di Instagram-nya. 

3. Kebaya Nareswari

gaun putri indonesia ayuma miss universe 2020 kebaya
Foto: Royal Story PIcture

Ayuma juga menampilkan kebaya berwarna merah di ajang Miss Universe 2020. Kebaya Nareswari rancangan Anne Avantie itu memiliki makna yang mendalam. Warna merah melambangkan semangat para perempuan Indonesia.

Semangat puteri Indonesia.. Merah juga memberikan simbol keberanian, kekuatan, dan tidak mudah putus asa,” begitu bunyi keterangan yang disisipkan dalam unggahan Ayuma.

Baca juga: Putri Indonesia 2020 Ayu Maulida Putri: Gagal dan Bangkit Lagi

Kebaya itu dipadukan dengan batik motif parang yang menyimpan pesan untuk tidak menyerah seperti ombak yang tak pernah berhenti bergerak. Parang juga jadi simbol semangat yang membara untuk mengharumkan nama bangsa. 

Parang juga menggambarkan semangat yg tidak pernah putus asa dalam memperjuangkan dan mengharumkan nama Bangsa.
Kebaya Nareswari ini memiliki arti yg sangat kuat sehingga dapat memberikan semangat bagi yg seorang Puteri yg akan berjuang,” lanjutnya. 

4. Terinspirasi dari Komodo

kostum komodo ayu maulidia ayuma miss universe 2020
Foto: Royal Story PIcture

Kostum yang terinspirasi dari hewan endemik Indonesia, Komodo ini sedang jadi perbincangan hangat. Dirancang oleh desainer Diana Putri, Yuling Hoo dan Silvy Prajogo, kostum tersebut didominasi warna hitam dan emas yang memberikan efek mewah, penuh teka-teki dan liar layaknya komodo. 

Semua manik-manik dibuat dengan tangan, sementara pelat logam yang menyerupai sisik dijahit tangan,” tulis Ayuma. 

Kostum tersebut terdiri dari lebih dari 5000 sisik buatan. Proses tersulit dalam pembuatan kostum tersebut ada dalam aspek mekatronika. 

Hiasan kepala (yang dikenakan Ayuma) berhubungan dengan sistem robotik yang menggabungkan sistem motor, sensorik dan microcontroller. Kalung & sarung tangan yang menyala dibuat dengan pengontrol LED,” lanjutnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here