Aksi Donor Darah, Semangat Jombang untuk Kemanusiaan

0
74
aksi donor darah jombang
Foto: Adie Wiratmo/Nyata

Gerakan vaksin yang sedang digalakkan Pemerintah ternyata berimbas pada berkurangnya stok darah di PMI seluruh Indonesia. Inilah yang membuat tabloid Nyata ikut peduli dengan menggelar Donor Darah di Jombang, Jawa Timur.

peserta-pertama-donor-darah-jombang
Duradjak, pendonor darah pertama tetap teang saat diambil darahnya. Foto: Adie Wiratmo/Nyata

Acara yang bekerjasama dengan PMI setempat itu digelar pada 13 Juni 2021 mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB di gedung Percetakan Nyata, Jalan Cendrawasih 88, Ploso Geneng, Jombang. Acara Donor Darah diikuti 200 peserta dari Jombang dan sekitarnya. Namun dari jumlah itu, hanya 131 orang yang lolos screening dan 107 saja yang berhasil diambil darahnya.

donor darah jombang 2.jpg
Hebat! Ini adalah kali ke-75 Jalaluddin mendonorkan darahnya. Foto: Adie Wiratmo/Nyata

”Antusiasme warga Jombang sebenarnya luar biasa. Sayangnya tak semuanya bisa donor karena sebagian baru menerima vaksin pertama. Sebagian lagi belum empat belas hari menerima vaksin ke dua,” ujar Amy Haris, Panitia Acara.

Kehadiran peserta di lokasi acara juga cukup mengejutkan. Mereka datang bertahap sehingga tidak terjadi kerumununan. Padahal penyelenggara telah menyediakan tenda besar agar peserta tetap bisa jaga jarak meski datang bersamaan.

Selain donor darah, peserta juga bisa screening plasma konvalesen, tes gula darah dan kolesterol. Peserta yang hadir bisa memanfaatkannya secara gratis.

Ada begitu banyak kisah spesial yang terjadi selama acara donor darah tersebut. Termasuk kisah dari pendonor spesial Su In. Melihat fisiknya, caranya berjalan, caranya berpakaian, pasti tak ada yang mengira bahwa Su In adalah pendonor darah yang setia. Kisahnya berhasil membuat penulis terharu. Simak cerita menarik Su In di Tabloid Nyata ediai 2607, terbit Kamis 17 Juni 2021.

Dapatkan Tabloid Nyata di:

Surabaya:
ShopeeTokopedia: Nyata Store Official

Jakarta:
ShopeeTokopedia: Nyata Store Jakarta

Untuk berlangganan: 082131583223
Happy Reading 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here